MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL ASMAUL HUSNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM PEARS SHERE (TPS)

Authors

  • Wawan Wawan SDN Sarangsari Sagalaherang

Keywords:

hasil belajar, Model Cooperative Learning Type (TPS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Asmaul Husna melalui penerapan  Model Pembelajaran Kooperative Type Team Pears Shere (TPS)  pada siswa kelas II  SD Negeri  Sarangsari  Kecamatan Sarangpanjang  Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian terdiri dari 20 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 pertemuan  pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 66,75 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,25. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,50 ( 20,22% ). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  dengan Model Pembelajaran Kooperative Type Team Pears Shere (TPS)  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-11-01

How to Cite

Wawan, W. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL ASMAUL HUSNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM PEARS SHERE (TPS). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 444–451. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/557