MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

Authors

  • Ade Tuti Juati SD Negeri Nagrak Kecamatan Ciater

Keywords:

hasil belajar, Model Pembelajaran Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Memahami Kebebasan Berorganisasi melalui penerapan  Model Pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V  SD Negeri  Nagrak Kecamatan Ciater Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 20 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 pertemuan  pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,50 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 83,00. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 14,50 ( 21,17% ). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  dengan Model Pembelajaran Mind Mapping  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-11-01

How to Cite

Juati, A. T. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 452–459. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/561