MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELAUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRS SHARE)

  • Dadang Ediyat SD Negeri Pasirluhur Serangpanjang
Keywords: hasil belajar, pembelajaran, kooperatif tipe TPS, cooperative lerning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menghargai Keputusan Bersama melalui penerapan  Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS pada siswa kelas V  SD Negeri  Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 jam pelajaran , pada 2 jam pelajaran awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan jam ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,33 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,56. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,23 ( 17,90% ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Menghargai Keputusan Bersama.

Published
2019-11-01
How to Cite
Ediyat, D. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELAUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRS SHARE). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 469-475. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/563