MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI SISTEM PEMERINTAH KABUPATEN, KOTA, DAN PROPINSI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Authors

  • Enoh Enoh SDN Sarangsari Serangpanjang

Keywords:

Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Memahami Sistem Pemerintah kabupaten, Kota, dan Propinsi melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together  ( NHT )  pada siswa kelas IV  SD Negeri  Sarangsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan  , pada 2  pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,50 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,75. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,25 ( 19,06% ). Dengan demikian pembelajaran Matematika  dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together  ( NHT ) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-11-01

How to Cite

Enoh, E. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI SISTEM PEMERINTAH KABUPATEN, KOTA, DAN PROPINSI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 511–519. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/568