MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA MELALUI PERERAPAN MODEL PEMBELAJARA KOOPERATIVE TIPE THINK PAIRS SHERE (TPS)

Authors

  • Dida Widaningsih SD Negeri Sagalaherang IV Kec. Sagalaherang

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperative Think Pairs Share (TPS), kemampuan siswa, keanekaragaman suku dan budaya bangsa

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas III A SD Negeri Sagalaherang IV dalam materi Keberagaman Suku dan Budaya Bangsa ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan pada materi Keberagaman Suku dan Budaya Bangsa yang sudah dipelajari sebelumnya masih rendah,  ternyata hanya 8 siswa (27,59%) dari 29 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 21 siswa (72,41%) dinyatakan belum lulus dari KKM sekolah sebesar 69, karena siswa belum memahami pentingnya persatuan dalam keanekaragaman suku dan budaya bangsa di lingkungan sekolahnya. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas III A dalam memahami materi keanekaragaman suku dan budaya bangsa masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Kooperative Think Pairs Shere (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III A SD Negeri Sagalaherang IV semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi keanekaragaman suku dan budaya bangsa?”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi keanekaragaman suku dan budaya bangsa dapat dilakukan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperative Think Pairs Shere (TPS). Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 70,86 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 48,28% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 81,90 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,10%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 11,04.

Downloads

Published

2019-11-02

How to Cite

Widaningsih, D. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA MELALUI PERERAPAN MODEL PEMBELAJARA KOOPERATIVE TIPE THINK PAIRS SHERE (TPS). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 526–535. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/570