MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS ATAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Authors

  • Ahmad Kabul SDN Gandasari Kec.Jalancagak Kab.Subang

Keywords:

Kemampuan Guru Kelas Atas, HOTS, Supervisi Akademik

Abstract

Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), terdiri dari 3 siklus (tiap siklus terdiri dari dua pertemuan), masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Data yang terkumpul bersifat kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh bahwa: pada dasarnya kepala sekolah memahami tugasnya dalam membina dan mengembangkankemampuan guru dalam pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS), walaupun masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal yang berkaitan dengan peningkatan kreativitas dan pemberian motivasi. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan guru kelas atas  di SDN Gandasari Jalancagak Subang dalam mengimplementasikan Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS), dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan proses pembelajaran dari setiap siklus yang menunjukkan perbaikan-perbaikan, (2) Pendapat guru kelas atas SDN Gandasari Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang  terhadap supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah, sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari jawaban yang diberikannya melalui angket, (3) Supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru kelas atas di SD Negeri GandasariKecamatan Jalancagak Kabupaten Subang dalam mengimplementasikan pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan guru model dalam mengimplementasikan Pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebelum dan sesudah dilakukan supervise. Pada saat sebelum dilakukan supervisi terdapat guru yang kurang atau cukup dalam mengmplementasikan pembelajaran berorientasi HOTS, tetapi setelah supervisi dilkukan, sebagian besar guru menunjukkan perubahan kemampuan mengimplementasikan pembelajaran berorientasi HOTS, dengan baik.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Kabul, A. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS ATAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(1), 1–9. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/719