PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KERUKUNAN DALAM KERAGAMAN

Authors

  • Supriyatna Supriyatna SDN Cicadas Kec. Sagalaherang-Subang

Keywords:

model pembelajaran jigsaw, kemampuan siswa, kerukunan dalam keberagaman

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas VI  pada materi kerukunan dalam keberagaman ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan materi tersebut yang sudah dipelajari sebelumnya,  ternyata hanya 5 siswa (33%) dari 15 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 10 siswa (67%) dinyatakan belum lulus, karena siswa belum memiliki sikap saling menghargai dan belum menerapkan kerukunan dalam lingkungan sekolah. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VI  dalam materi Kerukunan dalam Keragaman masih rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mehamami materi kerukunan dalam keberagaman melalui penerapan model pembelajaran jigsaw di kelas VI  SD Negeri Cicadas semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajarn jigsaw. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar  dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai rata-rata sebesar 69,66 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 53% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,33 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,33%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 13,67.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Supriyatna, . S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KERUKUNAN DALAM KERAGAMAN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(1), 71–82. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/728