MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

Authors

  • Lono Mulyoharjono SMK Negeri 3 Merauke

Keywords:

Hasil Belajar Passing, Kooperatif Tipe NHT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing sepak bola dengan metode kooperatif tipe Numbered Head Together kelas XI Asisten Keperawatan SMK Negeri 3 Merauke. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Merauke Jalan Kamizaun Mopah Lama. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Asisten Keperawatan SMK Negeri 3 Merauke yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam hasil belajar terdapat tiga aspek yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen peneletian yang digunakan yaitu: format aspek penilaian aspek afektif, LKS, format penilaian aspek psikomotor. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe number head together yang ditambah alat berupa bola karet dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola pada siswa kelas XI Asisten Keperawatan SMK Negeri 3 Merauke, yang ditandai dengan meningkatnya pemahaman hasil belajar siswa pada tiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 60,54 dengan ketuntasan 32,35% yang berada pada interval 53-62 atau termasuk dalam kategori kurang baik. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat yaitu sebesar 78,15 dengan ketuntasan 85,29% yang berada pada interval 73-82 atau termasuk dalam kategori baik.

Downloads

Published

2020-10-13

How to Cite

Mulyoharjono, L. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 147–157. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/829