MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY

Authors

  • Yoyoh Sutianah SD Negeri Darmaga II Kasomalang Subang

Keywords:

hak dan kewajiban, kemampuan siswa, two stay two stray, cooverative learning

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas V  SD Negeri Darmaga II dalam materi Hak dan Kewajiban ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan harian pada materi yang telah dipelajari sebelumnya tersebut masih rendah,  ternyata hanya 7 siswa (28,57%) dari 28 siswa yang dinyatakan lulus, dan 20 siswa lainnya (71,43%) dinyatakan belum lulus KKM sekolah sebesar 70, karena siswa belum bisa memanfaatkan hak dan melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas V dalam memahami materi hak dan kewajiban masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V  SD Negeri Darmaga II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam memahami materi hak dan kewajiban?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V  SD Negeri Darmaga II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam memahami materi hak dan kewajiban melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi hak dan kewajiban dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,64 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 42,86% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,21 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 92,85%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 9,64.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Sutianah, Y. . (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY . JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 163–174. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/832