MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SUB TEMA KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Authors

  • Tatang Herianato SD Negeri Ekanugraha

Keywords:

Keragaman Budaya Bangsaku, Jigsaw, Cooverative Learning

Abstract

Prestasi belajar siswa Kelas IV  SD Negeri Ekanugraha dalam materi Keragaman budaya bangsaku ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan harian pada materi tersebut masih rendah,  ternyata hanya 4 siswa (26,67%) dari 15 siswa yang dinyatakan lulus, dan 11 siswa lainnya (73,33%) dinyatakan belum lulus KKM sekolah sebesar 70, karena siswa belum bisa memahami peranannya dalam organisasi. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa Kelas IV dalam memahami materi keragaman budaya bangsaku masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keterampilan siswa Kelas IV SD Negeri Ekanugraha semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam memahami materi keragaman budaya bangsaku?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas IV  SD Negeri Ekanugraha semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam memahami materi keragaman budaya bangsaku melalui penerapan model pembelajaran jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi keragaman budaya bangsaku dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,00 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 44,44% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,33 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,33%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 14,33.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Herianato, T. . (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SUB TEMA KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 221–231. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/837