MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA LEMBAR DISKUSI BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EXPRESSION OF SUGGESTION PADA KELAS 8A SMP NEGERI 5 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Lela Puspitasari SMPN 5 Subang

Keywords:

Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

Abstract

Berlatar belakang pada upaya peningkatan kemampuan belajar siswa dalam materi getaran, gelombang dan bunyi dikaitkan dengan pendekatan pembelajaran saintifik, maka dipilihlah model pembelajaran Number Head Together (NHT). Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah dengan diterapkannya model NHT dapat meningktkan hasil belajar siswa. Model penelitian tindakan yang digunakan Spiral dari Kemmis dan Tagart, dimana tindakan dilaksanakan sebanyak dua siklus menyesuaikan dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Obyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Subang tahun pelajaran 2019/2020. Setelah pelaksanaan tindakan, berdasarkan indikator pengujian yang telah ditetapkan diperoleh hasil hasil tes post tes siklus I pertemuan ke-1 rata-rata nilai 40 pada post tet rata-rata 61,43 terdapat kenaikan sekitar 21,435. Dilihat dari KKM sebelum pembelajaran yang mendapat nilai mencapai KKM sebanyak 1 (satu) siswa dan setelah pembelajaran menjadi 12 siswa terdapat kenaikan 39,29%. Nilai pada siklus II pertemuan ke-1 nilai postest rata-rata 46,43 setelah mengalami pembelajaran rata-rata 67,14 terdapat kenaikan 30,46. Berdasarkan nilai formatif pada siklus 1 rata-rata nilai 62,86 pada siklus ke 2 rata-rata formatif 70,71 terdapat kenaikan  7,85 walaupun tidak signifikan. KKM  yang tuntas (nilai 70) disiklus I ada 13 siswa dan di siklus II terdapat 22 siswa. Berdasarkan siswa yang tuntas ada kenaikan 9 (sembilan) siswa atau sebesar 40,91%.  Berdasarkan data-data di atas maka siswa cukup paham. Berdasarkan hasil rata-rata tersebut kalau dilihat dari tujuan penelitian untuk mengamati keaktifan siswa dalam pembelajaran dari KD I dan KD  II dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada materi expression of suggestion di kelas VIIIA SMP Negeri 5 Subang dinyatakan adanya peningkatan hasil yang signifikan yang biasanya fasif sekarang menjadi aktif dengan rata-rata keaktifan mencapai 87,5% hal itu berati tergolong kategori sangat aktif.Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT dapat membuat proses belajar siswa meningkat, terlihat dari naiknya nilai rata-rata siswa dan keaktifan siswa dlam belajar

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Puspitasari, L. . (2020). MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA LEMBAR DISKUSI BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EXPRESSION OF SUGGESTION PADA KELAS 8A SMP NEGERI 5 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 240–251. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/840