ELIMINASI PERAN SUAMI SEBAGAI PENCARI NAFKAH (STUDI KASUS PADA KELUARGA BURUH SEKTOR INDUSTRI DI DESA KALIJATI BARAT KABUPATEN SUBANG)

Authors

  • Nurwati Hertawan SMA Negeri 2 Subang

Keywords:

Pencari Nafkah, Industrialisasi Kalijati Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pergeseran peran suami sebagai pencari nafkah khususnya pada keluarga buruh perempuan di sektor industri Desa Kalijati Barat Kabupaten Subang.  Adanya industrialisasi di Desa Kalijati Barat Kabupaten Subang berdampak pada perubahan sosial terutama dari segi pihak yang menjadi pencari nafkah. Hal ini dapat dilihat dari lebih dominannya perempuan (istri) sebagai pencari nafkah dalam keluarga, terutama banyaknya buruh pabrik  perempuan di sektor industri Desa Kalijati Barat. Fenomena ini tentu saja menjadi permasalahan dalam masyarakat terutama jika dikaitkan dengan peran suami dan istri berdasarkan kodrat yang sesungguhnya terutama dengan adanya fenomena penghasilan perempuan (istri) lebih besar dari laki-laki (suami). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian berupa studi kasus. Dalam data yang diambil dari  Pendataan Profil Desa Kalijati Barat tahun 2015 terdapat 1462 orang yang bekerja sebagai buruh pada perusahaan swasta yang berada di sektor industri Desa Kalijati Barat. Buruh laki-lki sebanyak 625 dan buruh perempuan sebanyak 837. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  suami masih tetap berperan sebagai pencari nafkah bagi keluarganya meskipun memang kontribusi penghasilan bagi keluarga diberikan lebih besar oleh istri dibandingkan suami, tetapi suami tetap memberikan nafkah bagi keluarganya sesuai dengan kemampuannya.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Hertawan, N. . (2020). ELIMINASI PERAN SUAMI SEBAGAI PENCARI NAFKAH (STUDI KASUS PADA KELUARGA BURUH SEKTOR INDUSTRI DI DESA KALIJATI BARAT KABUPATEN SUBANG). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 252–261. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/841