UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS VII D SMP NEGERI 5 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Yani Kusuma Dewi SMP Negeri 5 Subang

Keywords:

Hasil belajar, Bilangan Bulat, Pendekatan Reciprocal Teaching

Abstract

Proses belajar mengajar dapat bermakna dan berguna bila dapat menciptakan suasana belajar yang merangsang aktifitas belajar, menginformasikan hasil-hasil yang dicapai oleh siswa dan memberikan penghargaan atas prestasi yang dicapai. Permasalahan yang terjadi saat ini siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk memudahkan siswa dalam belajar dan mengaktifkan kegiatan belajar siswa dalam materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 5 Subang adalah strategi pembelajaran Reciprocal Teaching. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada siklus 1 pertemuan1, menunjukkan hasil belajar siswa dengan rata-rata 64,3 , nilai tertinggi 80 sedangkan nilai terendah 50, serta jumlah siswa tuntas belajar 11 siswa atau 42,1%. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada siklus 1 pertemuan 2, menunjukkan hasil belajar siswa dengan rata-rata 73,9, nilai tertinggi 85 sedangkan nilai terendah 50, serta jumlah siswa tuntas belajar 18 siswa atau 65,8%. Pada siklus 2 pertemuan1, menunjukkan hasil belajar siswa dengan rata-rata 78,7 , nilai tertinggi 100 sedangkan nilai terendah 60, serta jumlah siswa tuntas belajar 24 siswa atau 92,1%. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada siklus 2 pertemuan 2, menunjukkan hasil belajar siswa dengan rata-rata 83,1 , nilai tertinggi 100 sedangkan nilai terendah 65, serta jumlah siswa tuntas belajar 27 siswa atau 97,4%. Dari hal tersebut terlihat bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Dewi, Y. K. . (2020). UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS VII D SMP NEGERI 5 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 311–316. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/849