JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG <p>JPG: Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini menerbitkan tulisan-tulisan ilmiah khusus untuk para guru tingkat dasar (Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar), dan menengah (Sekolah Menengah Pertama/sederajat dan Sekolah Menengah Atas/sederajat). JPG terbit dua kali selama setahun, yaitu bulan Maret dan Oktober.&nbsp;</p> en-US Mon, 30 Mar 2020 03:24:01 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS ATAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/719 <p>Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), terdiri dari 3 siklus (tiap siklus terdiri dari dua pertemuan), masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Data yang terkumpul bersifat kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh bahwa: pada dasarnya kepala sekolah memahami tugasnya dalam membina dan mengembangkankemampuan guru dalam pembelajaran berorientasi <em>Higher Order Thinking Skill </em>(HOTS), walaupun masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal yang berkaitan dengan peningkatan kreativitas dan pemberian motivasi. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan guru kelas atas&nbsp; di SDN Gandasari Jalancagak Subang dalam mengimplementasikan Pembelajaran Berorientasi <em>Higher Order Thinking Skill</em> (HOTS), dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan proses pembelajaran dari setiap siklus yang menunjukkan perbaikan-perbaikan, (2) Pendapat guru kelas atas SDN Gandasari Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang&nbsp; terhadap supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah, sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari jawaban yang diberikannya melalui angket, (3) Supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru kelas atas di SD Negeri GandasariKecamatan Jalancagak Kabupaten Subang dalam mengimplementasikan pembelajaran berorientasi <em>Higher Order Thinking Skill</em> (HOTS). Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan guru model dalam mengimplementasikan Pembelajaran berorientasi <em>Higher Order Thinking Skill</em> (HOTS) sebelum dan sesudah dilakukan supervise. Pada saat sebelum dilakukan supervisi terdapat guru yang kurang atau cukup dalam mengmplementasikan pembelajaran berorientasi HOTS, tetapi setelah supervisi dilkukan, sebagian besar guru menunjukkan perubahan kemampuan mengimplementasikan pembelajaran berorientasi HOTS, dengan baik.</p> Ahmad Kabul Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/719 Mon, 30 Mar 2020 04:39:26 +0000 MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYUSUNAN PROGRAM SUPERVISI MELALUI PENERAPAN PEMBINAAN BERKELANJUTAN DI GUGUS II KECAMATAN SERANGPANJANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/720 <p>Kemampuan kepala sekolah dalam menyusun program supervisi masih rendah, hal tersebut disebabkan oleh ketidaktahuan dan kurangnya informasi tentang cara dan penyusunan program supervisi yang baik dan benar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilaksanakan kegiatan penelitian tindakan sekolah melalui kegiatan pembinaan berkelanjutan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam penyusunan program supervisi. Subyek dalam penelitian adalah 10 orang kepala sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi serta analisis dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil yang diperoleh dari kondisi awal sebanyak 4 kepala sekolah dinyatakan mampu menyusun dengan Kurang Baik (K) atau 40% dari 10 kepala sekolah yang barada di Gugus I dengan nilai rata-rata 49,75, meningkat menjadi 7 kepala sekolah (70%) mampu menyusun dengan cukup baik (C) dan 3 kepala sekolah (30%) mampu menyusun dengan baik (B) pada siklus pertama dengan nilai rata-rata sebesar 64,75 serta 6 kepala sekolah (60%) mampu menyusun dengan baik (B) dan 4 kepala sekolah (40%) mampu menyusun dengan sangat baik (SB) pada siklus kedua dengan nilai rata-rata sebesar 89,50.</p> Dede Tarpendi Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/720 Mon, 30 Mar 2020 04:53:28 +0000 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 2 SUBANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN REDOKS DAN ELEKTROKIMIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/721 <p>Latar belakang penelitian ini adalah dari pencapaian nilai rata-rata Ulangan Harian pada pokok bahasan Redoks dan Elektrokimia siswa SMA Negeri 2 Subang tahun pelajaran 2015/2016 yang hanya mencapai 68,7 dan secara umum hasil prosentase nilai Ujian Nasional kimia tahun pelajaran 2015/2016 mencapai &nbsp;55% . Ini berarti mata pelajaran kimia termasuk mata pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan relative tinggi khususnya bagi siswa SMA Negeri 2 Subang. Permasalahannya adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 2 Subang dalam pokok bahasan Redoks dan Elektrokimia? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 2 Subang pada pokok Bahasan Redoks dan Elektrokimia. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberi manfaat bagi siswa, guru maupun sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dan &nbsp;setiap siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjek penelitian diambil siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Subang Tahun Pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 40 siswa. Yang menjadi indikator keberhasilan adalah nilai siswa secara individu dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah untuk mata pelajaran kimia adalah 75 dan prosentase pencapaian nilai&nbsp; klasikal adalah 75% dari semua siswa. Hasil penelitian yang dapat peneliti sajikan adalah sebagai berikut: Pada siklus pertama, siswa yang tuntas belajar klasikal&nbsp; ada 23 siswa (57,5%) dan yang tidak tuntas sebanyak 17 siswa (42,5%) dengan nilai rata-rata kelas 68,75. Pada siklus kedua, siswa yang tuntas belajar klasikal 35 siswa (87,3%) dan yang belum&nbsp; tuntas belajar masih ada&nbsp; 5 siswa (12,5%) dengan rata-rata kelas 80,3. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (<em>Contextual Teaching and Learnng (CTL)</em>) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Redoks dan Elektrokimia&nbsp; siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Subang tahun pelajaran 2015/2016. Aktivitas dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar meningkat serta kemampuan guru dalam kegiatan Pembelajaran juga meningkat.</p> Lina Rosliana Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/721 Mon, 30 Mar 2020 05:10:23 +0000 KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA PADA PENINGKATAN MUTU GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI NUGRAHA PELITA JALANCAGAK KABUPATEN SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/725 <p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui : (1) aktivitas kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru dalam pembelajaran melalui kompetensi kewirausahaan&nbsp; di SDN Nugraha Pelita Jalancagak Subang, (2) aktivitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Pelita Nugraha Pelita Jalancagak Subang, (3) kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru guru di SDN Nugraha Pelita Jalancagak dalam pembelajaran, dan (4) repon guru terhadap kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru dalam pembelajaran. Subjek penelitian yang dijadikan sumber untuk memperoleh data adalah sebagian guru-guru yang bertugas mengajar di SDN Nugraha Pelita Jalancagak Subang, berjumlah 10 orang yang terdiri 6 orang guru PNS dan 4 orang guru non PNS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Nugraha Pelita Jalancagak Subang. Penelitian dilaksanakan dari bulan Februari 2019 sampai bulan April 2019 bertempat di SDN Nugraha Pelita Jalancagak Subang. Penelitian bersifat penelitian tindakan sekolah (PTS), terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. &nbsp;Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) aktivitas kepala sekolah dalam menerapkan fungsi kepemimpinan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada guru-guru&nbsp; di SDN Nugraha Pelita Jalancagak Subang, menunjukkan adanya peningkatan perubahan perilaku pada setiap siklus. (b) aktivitas guru dalam meningkatkan mutu dalam pembelajaran di SDN Pelita Nugraha Pelita Jalancagak Subang menunjukkan peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, (c) mutu guru&nbsp; dalam pembelajaran si SDN Nugraha Pelita Jalancagak Subang&nbsp; menunjukkan peningkatan dari siklus satu ke siklus berikutnya, (d) respon guru guru di SDN Nugraha Pelita Jalancagak terhadap upaya Kepala Sekolah dalam menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan melalui fungsi kepemimpinan, dinilai sangat baik.</p> Asep Kalimantara Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/725 Mon, 30 Mar 2020 06:44:01 +0000 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/726 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pecahan Sederhana melalui penerapan &nbsp;Model model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III&nbsp; SD Negeri&nbsp; Cipancar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subyek penelitian terdiri dari 22 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 67,73 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,63. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,90 (16,02%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Cipancar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2014/2015 pada materi Pecahan Sederhana.</p> Agus Suryana Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/726 Mon, 30 Mar 2020 06:48:51 +0000 PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas I SD Negeri Ekanugraha Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018) http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/727 <p>Rumusan permasalahan pada penelitian inIdalah kemampuan siswa kelas I dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri masih rendah. Dengan demikian: “Bagaimanakah penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan&nbsp; siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri melalui penerapan media gambar di kelas I SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri dapat dilakukan dengan menerapkan media gambar. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa &nbsp;dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 69,06 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 56,25% dan hasil test pada siklus 2 dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 80,94 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,75%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11,88 dari siklus 1 ke siklus 2.</p> Eem Solihah Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/727 Mon, 30 Mar 2020 06:56:18 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KERUKUNAN DALAM KERAGAMAN http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/728 <p>Prestasi belajar siswa kelas VI&nbsp; pada materi kerukunan dalam keberagaman ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan materi tersebut yang sudah dipelajari sebelumnya, &nbsp;ternyata hanya 5 siswa (33%) dari 15 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 10 siswa (67%) dinyatakan belum lulus, karena siswa belum memiliki sikap saling menghargai dan belum menerapkan kerukunan dalam lingkungan sekolah. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VI&nbsp; dalam materi Kerukunan dalam Keragaman masih rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mehamami materi kerukunan dalam keberagaman melalui penerapan model pembelajaran jigsaw di kelas VI&nbsp; SD Negeri Cicadas semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajarn jigsaw. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar &nbsp;dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai rata-rata sebesar 69,66 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 53% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,33 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,33%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 13,67.</p> Supriyatna Supriyatna Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/728 Mon, 30 Mar 2020 07:06:08 +0000 MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI PENERAPAN KEGIATAN PENDAMPINGAN DI SD NEGERI SAGALAHERANG IV http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/729 <p>Sekalipun guru SD Negeri Sagalaherang IV telah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 namun masih banyak mengalami kesulitan menyusun RPP Kurikulum 2013 sesuai Permendikbud 103 tahun 2014. Hasil monitoring dan evaluasi kepala sekolah menunjukkan bahwa hanya 13,33% dari&nbsp; semua guru 15 orang yang bisa menyusun RPP terbaru tersebut. Salah satu faktor penyebab adalah kurang sosialisasi&nbsp; pelatihan Kurikulum 2013 kepada teman sejawat. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh : (1) kesibukan guru, (2) kurang adanya pendampingan dan (3) kurang sosialisasi. Terkait dengan permasalahan di atas, perlu adanya bantuan penanganan yang memadai.&nbsp; Dalam hal ini upaya yang&nbsp; dilakukan adalah dengan melaksanakan pendampingan, yang bertujuan&nbsp; pada peningkatan kompetensi guru melalui siklus yang sistematis. Analisa data yang dilaksanakan menggunakan analisa diskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahapan siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) langkah meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini, 15 guru dari&nbsp; sekolah yang menjadi subyek penelitian, semuanya menunjukkan peningkatan kompetensi sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan oleh peneliti sebagai kepala sekolah terbukti meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Sagalaherang IV. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil yang diperoleh dari kondisi awal sebanyak 9 guru atau 60% dari 15 guru dinyatakan belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 dengan predikat Kurang Baik (K) dengan nilai rata-rata 21,07, meningkat menjadi 8 guru (53,33%) mampu menyusun dengan Baik Sekali (BS), dan 7 guru (46,67%) mampu menyusun dengan baik (B), pada siklus kedua dengan nilai rata-rata sebesar 34,60 dengan persentase 86,50 yaitu sudah memenuhi indikator keberhasilan di atas 85% .</p> Dede Darniati Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/729 Mon, 30 Mar 2020 07:15:12 +0000 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH POKOK BAHASAN HUKUM TAKLIFI DAN WADH’I MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XII IPA 1 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SUBANG SEMESTER GENAP TA http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/730 <p>Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII. IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN)&nbsp; Subang semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran fiqih pokok bahasan hukum taklifi dan wadh’i menggunakan model pembelajaran <em>cooperative learning type jigsaw</em><em>. </em>Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian 34 orang siswa yang heterogen. Dari data yang dikumpulkan yaitu hasil rata-rata ulangan siklus 1 dan siklus 2, lembar observasi, dan refleksi bersama observer terlihat bahwa prestasi belajar siswa meningkat. Kemampuan siswa dalam mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal 75, sebelum penelitian tindakan kelas ini dilakukan, yang mencapai nilai KKM hanya 10 siswa (29%) meningkat pada siklus I menjadi 24 siswa (71%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 34 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning type jigsaw terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII. IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri &nbsp;Subang tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan hukum taklifi dan wadh’i.</p> Yayan Irmayani Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/730 Mon, 30 Mar 2020 07:29:14 +0000 PENGGUNAAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI SARIREJA 1 KECAMATAN JALANCAGAK KABUPATEN SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/731 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik, yaitu Tema 5 “Pengalamanku” sub Tema 1 “ Pengalaman Masa Kecil” dan subtema 2 “pengalaman bersama teman” dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas guru menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang, (2) untuk mengetahui aktivitas peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang dalam kegiatan belajar dengan menggunakan metode bercerita, (3) apakah penggunaan metode bercerita dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang. Subjek penelitian yang dijadikan sumber untuk memperoleh data adalah peserta didik kelas 1 SDN Sarireja tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak&nbsp; 38 peserta, yang terdiri dari 20 peserta didik perempuan dan 18 peserta didik laki-laki. Penelitian bersifat penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: 1) aktivitas guru menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang, pada tema pengalamanku, menunjukkan hasil yang baik sampai dengan sangat baik, (2) kreativitas peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang dalam kegiatan belajar dengan menggunakan metode bercerita pada tema pengalamanku, menunjukkan perkembangan dari kualifikasi baik menjadi sangat baik, (3) penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang pada tema pengalamanku, baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.</p> Nurhayati Nurhayati Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/731 Mon, 30 Mar 2020 07:41:11 +0000 MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) DI KELAS 1 SDN GANDASARI JALANCAGAK SUBANG PADA TEMA 5 PENGALAMANKU SUBTEMA PENGALAMAN BERKESAN http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/732 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran tematik, yaitu Tema 5 “Pengalamanku” sub Tema 4 “ Pengalaman Berkesan” dengan penerapan pembelajaran aktif. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah: (1) untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas peserta didik&nbsp; dengan diterapkannya pembelajaran aktif, (2) untuk mengetahui gambaran aktivitas guru&nbsp; menerapkan pembelajaran aktif, dan (3) untuk mengetahui kualitas pembelajaran di kelas 1 SDN Gandasari dengan diterapkannya &nbsp;pembelajaran aktif. Subjek penelitian yang dijadikan sumber untuk memperoleh data adalah peserta didik kelas 1 SDN Gandasari &nbsp;tahun pelajaran 2018-2019 sebanyak&nbsp; 25 peserta, yang terdiri dari 11 peserta didik perempuan dan 14 peserta didik laki-laki. Penelitian bersifat penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) aktivitas peserta didik di kelas 1 SDN Gandasari Jalancagak Subang dalam mengikuti pembelajaran aktif, menunjukkan peningkatan pada siklus pertama ke siklus kedua, (2) aktivitas guru&nbsp; menerapkan pembelajaran aktif, menunjukkan kualifikasi yang sangat baik. Pada aktivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, (3) kualitas pembelajaran di kelas menunjukkan hasil yang baik.</p> Dede Suarsih Copyright (c) 2020 JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/732 Mon, 30 Mar 2020 07:48:07 +0000