IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SISWA SMPT DIPONOGORO SUBANG

Authors

  • Sutangsa

Keywords:

implementasi kebijakan, pengelolaan mutu guru

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena pengelolaan guru yang belum efektif, antara lain yang menonjol adalah dalam hal perencanaan, penempatan guru, dan peningkatan kesejahteraan guru. Dalam kegiatan perencanaan, belum dibuat perencanaan penerimaan dan seleksi, perencanaan induksi, perencanaan kompensasi, perencanaan penilaian, perencanaan pengembangan. Dalam kegiatan penempatan guru yang diluar bidang studi keahliannya, pengembangan guru dan kurang mengacu pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan beberapa teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Alasan penggunaan pendekatan kualitatif adalah karena pengamatan ini dilakukan terhadap
perilaku manusia yang berinteraksi dalam proses pengelolaan admnistrasi guru, mulai dari pelaksanaan fungsi perencanaan sampai dengan pemutusan hubungan kerja. Dengan pendekatan ini pula penulis/peneliti bertindak sebagai instrumen utama
penelitian dan terlibat dalam proses pengelolaan, sehingga memperoleh data dan informasi yang diperlukan dari sumber utama, baik dari bagian kepegawaian beserta instansi terkait sebagai pengelola maupun dari pada guru sebagai pegawai yang dikelola.

Hasil penelitian menunjukan bahwa profil tenaga guru di SMPT Diponegoro belum menggambarkan keadaan yang kondusif bagi peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan pelaksanaan pengelolaan guru di SMPT Diponegoro belum sepenuhnya memenuhi kriteria efektivitas fungsi-fungsi pengelolaan guru.

Downloads

Published

2022-11-05