PENGARUH KONSENTRASI INSEKTISIDA BERBAHAN AKTIF KLORPIRIFOS 400 g/L TERHADAP SERANGAN HAMA KUMBANG DAUN (Phyllotreta vittata F.) DAN HASIL PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)

Authors

Keywords:

klorpirifos, produksi sawi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi insektisida Klorpirifos 400 g/l yang tepat dalam menekan populasi hama kumbang Phyllotreta vittata F., kerusakan yang diakibatkan oleh kumbang daun dan untuk meningkatkan hasil panen pada tanaman sawi. Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok satu faktor, yaitu Insektisida Klorpirifos 400 g/L dengan 5 taraf, 0, 0,5, 1, 1,5, 2 mL/L. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Adapun parameter yang diamati adalah populasi kumbang daun, kerusakan tanaman sawi, serta bobot hasil panen sawi. Berdasarkan hasil penelitian dari lima kali aplikasi insektisida, penekanan perkembangan kerusakan tanaman tertinggi terjadi pada konsentrasi formulasi inseksida Klorpirifos 400 g/L konsentrasi tinggi (2 mL/L) dan berbeda nyata dengan konsentrasi formulasi Insektisida rendah dan sedang (0,5 mL/L – 1,5 mL/L).  Efektifitas insektisida Klorpirifos 400 g/L telah mencapai kesempurnaan mulai pada konsentrasi rendah (0,5 mL/L).  pengaruh perlakuan konsentrasi insektisida Klorpirifos terhadap penekanan serangan hama kumbang daun (Phillotreta vittata F.) pada tanaman sawi berpengaruh sangat nyata terhadap hasil panen. Hasil maksimal dicapai oleh konsentrasi insektisida konsentrasi tinggi (2mL/L) yaitu sebesar 15,1 Kg pada hasil panen sampel dan sebesar 90,7 Kg pada hasil panen petak. Penggunaan Insektisida Klorpirifos 400 g/L mulai dari konsentrasi rendah (0,5 mL/L) sampai dengan konsentrasi tinggi (2 mL/L) tidak mengakibatkan fitotoksisitas pada tanaman sawi.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

fajar rochman. (2017). PENGARUH KONSENTRASI INSEKTISIDA BERBAHAN AKTIF KLORPIRIFOS 400 g/L TERHADAP SERANGAN HAMA KUMBANG DAUN (Phyllotreta vittata F.) DAN HASIL PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.). JURNAL AGROREKTAN, 4(1). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/agrorektan/article/view/1264