Prosedur Proses Pembuatan Rekening Tabungan Pada PT.Bank Perkreditan Rakyat Nusumma Cisalak Subang

Authors

  • Kalfajrin Kurniaji
  • Viny Octaviany FIA Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wfaj.v3i2.1197

Keywords:

Bank, Rekening tabungan

Abstract

Abstrak

Sektor perbankan merupakan faktor pendukung perekonomian Indonesia karena transaksi keuangan terjadi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi rakyat yang berkembang pesat. Dalam menjalankan bisnis perbankan dibutuhkan pihak-pihak yang memiliki keterikatan satu sama lain, diantaranya adalah masyarakat (nasabah). Nasabah memiliki peran penting dalam dunia perbankan karena merupakan salah satu sumber dana utama. Bank sendiri adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembukaan tabungan pada PT. BPR Nusumma Cisalak dalam melayani nasabahnya. pelayanan produk yang meliputi prosedur pembukaan, penyetoran dan penarikan tabungan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui cara perhitungan bunga pada tabungan PT. BPR Nusumma Cisalak.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa prosedur pelayanan produk yang dilakukan oleh PT. BPR Nusumma Cisalak baik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Kata kunci: Bank, Rekening tabungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

The banking sector is a supporting factor for the Indonesian economy because financial transactions occur to meet the rapidly growing economic needs of the people. In running the banking business, parties who have an attachment to each other are needed, including the community (customers). Customers have an important role in the banking world because they are one of the main sources of funds. Bank itself is a business entity that collects funds from the public in the form of savings and distributes them back in the form of credit or other forms.

This study aims to determine the procedure for opening a savings account at PT. BPR Nusumma Cisalak in serving its customers. product services covering procedures for opening, depositing and withdrawing savings. In addition, this study also aims to determine how to calculate interest on savings PT. BPR Nusumma Cisalak.

Data collection techniques in this study used three methods, namely observation, interviews, and literature study. Based on the results of the discussion, it can be concluded that the product service procedures carried out by PT. BPR Nusumma Cisalak is good and in accordance with established procedures.

Keywords: Bank, Savings Account

References

Handayani, Fitri. (2017). Peran Customer Service Dalam Pelayanan Produk Simpanan Pada Bank Brisyariah Kantor Cabang Pembantu (Kcp) Metro.

Mulyadi. (2001).Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga.Jakarta:Salemba Empat.

Hasibuan, H. M. (2006). Dasar-dasar perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suardi, G. (2003). Usaha Perbankan Dalam Perspektif Hukum. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sukirno, S. (2000). Makro Ekonomi Modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sulalahi, Ulbert. (1997) Pengantar Ilmu Administrasi.

Suyatno, T. (2007). Dasar-Dasar Perkreditan (Edisi Keempat). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles