Pengelolaan Produk Tabungan Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Kantor Cabang Pembantu Pamanukan Kabupaten Subang

Authors

  • luki natika
  • Dewi Ambarwati FIA Universitas SUbang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wfaj.v2i1.907

Keywords:

Pengelolaan Produk Tabungan

Abstract

Lembaga perbankan merupakan salah satu bentuk dari lembaga keuangan. Pada dasarnya, lembaga keuangan adalah sebagai perantara dari pihak yang kelebihan dana dan pihak yang kekurangan dana, sehingga peranan dari lembaga keuangan yang sebenarnya adalah sebagai perantara keuangan masyarakat. pengelolaan adalah suatu kegiatan pengendalian yang mencakup prinsip-prinsip manajemen untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tabungan menurut Undang-Undang Perbankan No.10 Tahun 1998 adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet, giro dan atau alat lainya yang dipersamakan dengan itu. Pada umumnya tabungan ialah suatu produk simpanan yang dihasilkan dari bank tersebut , sebagai salah satu upaya untuk menarik nasabah. Tabungan merupakan salah satu sumber dana bagi bank , oleh karena itu harus dibutuhkan pengelolaan yang professional agar mengurangi tingkat resiko yang kemungkinan akan terjadi. Terkait dengan pengelolaan yang sangat penting bagi pengendalian berbagai produk-produk perbankan yang terdapat pada Bank BJB KCP Pamanukan  dan dilakukan melalui metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Oportunity, Threat) yang dilihat berdasarkan perkembangan jumlah tabungan. Untuk mendukung pengelolaan yang baik terhadap berbagai produk tabungan, maka kebijakan yang diterapkan pun harus di kelola dengan baik. Dengan adanya pengelolaan produk tabungan yang baik dan kebijakan yang diterapkan pada Bank BJB, maka diharapkan mampu membuat Bank BJB sebagai Bank pembangunan yang terbaik serta dapat mencapai visi dan misinya.

 

Banking institutions are a form of financial institutions. Basically, financial institutions act as intermediaries for those with excess funds and those with shortages, so that the role of financial institutions is actually as public financial intermediaries. Management is a control activity that includes management principles to achieve certain objectives. Savings according to Banking Law No.10 of 1998 are deposits which can only be withdrawn according to certain agreed conditions, but cannot be withdrawn by check, bilyet, giro and / or other similar means. In general, savings are a savings product generated from the bank, as an effort to attract customers. Savings are a source of funds for banks, therefore professional management must be needed in order to reduce the level of risk that is likely to occur. Related to the management which is very important for controlling various banking products contained in Bank BJB KCP Pamanukan and is carried out through the SWOT analysis method (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) which is seen based on the development of the amount of savings. To support good management of various savings products, the policies implemented must also be managed properly. With good savings product management and policies implemented in BJB Bank, it is hoped that it will be able to make BJB Bank the best development bank and can achieve its vision and mission.

References

Atmosudirdjo,S.Prajudi.1980. Administrasi dan Manajemen Umum.Jakarta:Ghalia Indonesia

Djumhana,Muhamad.1996.”Rahasia Bank”.Bandung:PT.Citra Aditya Bakti

Fayol,Henry.1985.General and Industrial Management.London:Sir Issac and Son

F.Sikul,Andrew.2011.Manajemen Sumber Daya Manusia.Bandung:Erlangga

Gie,The Liang.1980.Dasar-Dasar Administrasi.Jakarta:Pradnya Paramita

http://www.bankbjb.co.id/id/corporate-website/hubungan-investor/tentang-bank-bjb/nilai-nilai-perusahaan.html

Ijin Bank Indonesia No.2/18/DpG/DPIP tanggal 12 April 2000

Kasmir.2008.”Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya”.Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada

Kotler,Philip.2016.Marketing Manajemen.Bandung:Erlangga

Maulana Damanhuri,Idham.2010.Administrasi Keuangan.Jakarta:Rineka Cipta

P.Siagian, Sodang 2002 Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 33 tahun 1960

Peraturan Daerah nomor 11 tahun 1995

Peraturan Daerah nomor 22 tahun 1998

Peraturan Daerah Propinsi Jawa Barat nomor 1/DP-040/PD/1978 tanggal 27 Juni 1978

R.Terry,George.2011.Dasar-Dasar Manajemen.Jakarta:Bumi Aksara

Sautma,Ronny.1995.”Hubungan Bank dan Nasabah Terhadap Produk Tabungan dan Deposito”.Bandung:PT. Citra Aditya Bakti

Silalahi,Ulbert.2011.”Studi Tentang Ilmu Administrasi”.Bandung:Sinar Baru Algensindo Offset

Suyanto, Thomas,dkk,1988.”Kelembagaan Perbankan”.Jakarta:PT.Gramendia Pustaka Utama

Surat Keputusan Gubernur Propinsi Jawa Barat nomor 7/GKDH/BPD/61 tanggal 20 Mei 1961

Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia nomor 25/84/KEP/DIR tanggal 02 November 1992

Tjiptono,Fansy.2015.Strategi Pemasaran Edisi 4.Jakarta:ANDI

Undang-undang Perbankan No.10 Tahun 1998

Undang-Undang Perbankan No.7 Tahun 1992

Downloads

Published

2020-11-14

Issue

Section

Articles