Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang

Authors

  • Silvia Ardayanti

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v3i1.1076

Keywords:

Kualitas Pelayanan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji dan menganalisis mengenai Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum optimalnya pembinaan terhadap masyarakat tentang dokumen- dokumen kependudukan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan belum optimalnya dalam kepastian biaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Dayeukolot. Penelitian ini mengacu pada teori Agus Dwiyanto bahwa kualitas pelayanan dapat diukur dengan indikator sikap petugas, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, fasilitas pelayanan, dan biaya pelayanan. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif, yang bertujuan untuk mencari, menganalisis dan mengelola dari peristiwa langsung dilapangan dengan wawancara dan observasi tentang Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Dayeuhkolot masih belum optimal dikarenakan Desa Dayeuhkolot masih memerlukan evaluasi dari segi pembinaan terhadap masyarakat, sarana dan prasarana. Oleh karena itu harus adanya sebuah perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi kependudukan  di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan

 

Abstract

This study examines and analyzes the Quality of Population Administration Services in Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. This research is motivated by the lack of optimal guidance for the community regarding population documents, inadequate facilities and infrastructure, and inadequate costcertainty. The purpose of this study was to determine the quality of population administration services in Desa Dayeukolot. This study refers to Agus Dwiyanto's theory that service quality can be measured by indicators of the attitude of the officers, service procedures, service time, service facilities, and service costs. The research method used is a qualitative method, which aims to find, analyze and manage direct field events with interviews and observations about the Quality of Population Administration Services in Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Based on the research results, it is known that the Quality of Population Administration Services in Desa Dayeuhkolot is still not optimal because Desa Dayeuhkolot still requires evaluation in terms of community development, facilities and infrastructure. Therefore, there must be an improvement to improve the quality of population administration services in Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang.

Keywords : Service Quality

References

Abidin, Yunus. 2010. Strategi Membaca Teori dan Pembeljaannya. Bandung:

Risqi. Adisasmita, Raharjo. 2014. Pembiayaan Pembangunan Daerah. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Barata, Atep Adya, 2003. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Yudhistira.

Crystalia, Ones Gita. 2015. Kualitas Pelayanan Publik Dikantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo.

Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Dwiyanto, Agus. 2008. Reformasi Birokasi Publik di Indonesia. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Gaspersz, V. 2003. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Harbani, Pasolong. 2013. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV.Alfabeta.

Hardiyansyah. 2011. Manajmen Pelayanan Dan Pengembangan Organisasi Publik Dalam Perspektif Riset Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Yogyakarta : Gava Media

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang pedoman umum penyelenggaran pelayanan publik.

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat.

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian aturalistik Kualitatif. Bandung:

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Administrasi Pemerintahan Desa

Tarsito Nasution, M. 2015. Total Quality Manajement. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rukaesih, A. Molani dan Ucu Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Saifudin, Azwar. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif.Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang- Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles