Pengaruh Insentif Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B Kabupaten Subang

Authors

  • Silvy Sondari
  • Annisa Aulia Suryani Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v3i1.1078

Keywords:

Insentif , Kualitas Pelayanan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh pemberian Insentif terhadap kualitas pelayanan yang dilatar belakangi dari adanya fenomena yang terjadi pada Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B Kabupaten Subang. Pemberian insentif memberikan guna mendorong produktivitas kerja yang lebih tinggi bagi pegawai sedangkan kualitas pelayanan merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan jasa, manusia, proses, dan lingkungan dimana penilaian kualitasnya ditentukan pada saat terjadinya pemberian pelayanan publik tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan analisis inferensial. Populasi dan Sampel dalam penelitian sebanyak 2.661 orang, yang diambil sebagai sampel sebanyak 96 orang. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil analisis menunjukkan hubungan Insentif terhadap Kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B Kabupaten Subang menunjukkan hubungan yang rendah. insentif berpengaruh terhadap kualitas pelayanan walaupun hubungan antar keduanya dalam kategori rendah

Kata Kunci: Insentif , Kualitas Pelayanan

 

Abstract

This study aims to determine whether the provision of incentives has an effect on the quality of service which is based on the phenomenon that occurs in the quality of service in the Class B Regional General Hospital, Subang Regency. It can be said that incentives are providing incentives to encourage higher work productivity for employees while service quality is a dynamic condition related to services, people, processes, and the environment where quality assessments are determined at the time the provision of public services occurs. Researchers used a quantitative approach with descriptive analysis methods and inferential analysis. Population and sample in the study were 2,661 people, taken as a sample of 96 people. Meanwhile, the data collection tool used was a questionnaire. The results of the analysis show that the relationship between incentives and service quality at the Regional General Hospital of Class B, Subang Regency, shows a low relationship, so it can be said that incentives have an effect on service quality even though the relationship between the two is in the "low" category.

Keywords: Incentives and Service Quality  

References

Arisutha, 2005. Dimensi Kualitas Pelayanan. Penerbit Gramedia Pustaka,Jakarta

Barata, Atep, 2003, Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta:Elex Media. Komputindo

Desseler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Kesepuluh).Jakarta Barat:PT Indeks

Fandly, Tjiptono 2011,Kualitas Pelayanan,Yogyakarta.

Hadiansyah. (2011,2017,2018),Kualitas Pelayanan Publik,edisi revisi, Yogyakarta: Gava Media

Hasibuan, Malayu S.P ,2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi, PT.Bumi Aksara Jakarta

Hasibuan, Malayu S.P ,2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi, PT.Bumi Aksara Jakarta

Pangabean, Mutiara, S. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia,Bogor:Ghalia Indonesia

Parasuraman, A. Valerie, 2001. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (Nomor 78 Tahun 2015 tentang

Pengupahan, menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Pengupahan).

Peraturan Perundang-undangan (MENPAN No 63/2003), Pelayanan Publik. Profil RSUD Kelas B Kabupaten Subang Tahun 2017

Rivai, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari teori ke praktik. Jakarta:PT Raja Grafindo

Rivai, Veithzal (2009), kepeminpinan dan perilaku organisasi, Jakarta :PT.Raja Grafindo Persada

Samparan, Lukman, 2003, Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA LAN Press, JAKARTA.

Sarwoto, 2010. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Ghalia, Indonesia.

Sarwoto, 2011. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Ghalia, Indonesia.

Sekaran, uma (2003), Research Methods For Business: A Skill Building Aproch,

New York–USA: Jhon Wiley and Sons, Inc

Sari;wulan;fani If’taul.2016.Kualitas pelayanan rawat inap di Rumah sakit Umum Daerah I Lagaligo Kabupaten Luwu Timur.Universitas Hasanudin.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.Makasar

Silalahi;H.Triana.2018.Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Perawat Ruang Rawat Inap RSUD Dr.Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar.

Tenaga kerja Republik Indonesia Peraturan Pemerintah Indonesia Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles