Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Fiber Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang

Authors

  • Ade Suparman

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v3i1.1079

Keywords:

Service Quality, Purchasing Decision

Abstract

Abstrak

Annisa Nursiva Agustin, 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian IndiHome Fiber Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang”. Skripsi. Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas  Subang  2020.  Dibawah  bimbingan  Dr.  H.  Iwan  Henri  Kusnadi, S.Sos., M.Si dan Dr. H. Ridwan, S.Sos., M.Si. Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis    penelitian yang dilakukan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 orang  responden yang  merupakan  karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini menggunakan  teknik  instrument penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dengan metode Deskriptif dan Asosiatif pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan  hasil  penelitian  ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh  terhadap  Keputusan  Pembelian  baik  secara  deskriptif  maupun asosiaif. Dilihat dari hasil koefisien jalur atau  factor loading dari variabel laten Kualitas Pelayanan terhadap variabel lain    Keputusan Pembelian PT. Telekomunikasi  Indonesia,  Tbk  Subang  sebesar  0,889  dengan  nilai  t-hitung sebesar 1.525.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

 

Abstract

Annisa Nursiva Agustin, 2020. "The Effect of Service Quality on Purchasing Decisions of IndiHome Fiber at PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang ”. Essay.   Department   of   Business   Administration,   Faculty   of   Administrative Sciences, Subang University 2020. Under the guidance of Dr. H.  Iwan Henri Kusnadi, S.Sos., M.Si and Dr. H. Ridwan, S.Sos., M.Si. This study aims to determine the effect of Service Quality on Purchasing Decisions. This type of research is explanatory with a quantitative approach. The number of samples in this study amounted to 92 respondents who are employees of  PT.  Telekomunikasi  Indonesia,  Tbk  Subang.  The  technique  used  in  this sampling is using research instrument techniques. The data analysis used is the Statistical   Package   for   the   Social   Sciences   (SPSS)   with   descriptive   and associative methods. Data collection is done by distributing questionnaires that have been tested for validity and reliability. Based on the results of this study, it shows that Service Quality affects Purchase Decisions both descriptively and associatively. Judging from the results of the path coefficient or factor loading of the latent variable Service Quality to other variables Purchasing Decision PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang amounting to 0.889 with a t-count value of 1.525. 

Keywords : Service Quality, Purchasing Decision

References

Anwar dan Satrio (2015) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.4. No.12.

Ari Kunto (2007:10) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.

Briliana (2010) Analisis Pengaruh Service Quality, Customer To Customer Interaction Dan Service Atmosphere Terhadap Satisfaction Firm. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Buchari Alma (2013:96) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Darmawan, (2012:17) “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Fandy Tjiptono (2001) Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Kotler, (1997:36) Kotler,Philip.1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler, (2012) manajemen pemasaran , edisi 12.Jakarta : Erlangga.

Kotler dalam Tjiptono, (1996:147) Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kotler (2002:83) Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.

Kotler & Armstrong (2016:177) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Armstrong (2006:188) Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12, Terjemahan: Bob Sabran, M.M, Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong (2016:176) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13, Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Lupiyoadi dan Hamdani (2011:182) Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.

Munir, (2009) Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Patmanthara, (2012) Pembelajaran Melalui Internet di Sekolah, Teknodik.

Parasuraman, (1998), SERVQUAL: a multiple item scale for Measuring consumer perceptions of service quality, Journal of Retaling.

Poerwanto (2006:25) Analisis Pengaruh Implementasi Relationship Marketing.

Saleh (2010:105) “ Manajemen Pelayanan “. Pustaka Pelajar, Jakarta.

Saleh (2010:106) “ Manajemen Pelayanan “. Pustaka Pelajar, Jakarta.

Sagala et al (2014) Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Sugiyono, (2013:96) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2011:77) Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2010:117) Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2016:62) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono (2012:133) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono (2018:225) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsmi Arikunto, (2010) Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono (2009:269) Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Yogyakarta : Andi Offset.

PT. Telekomunikasi Indonesia. https://telkom.co.id/sites

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang. https://idalamat.com/alamat/4613/pt-telekomunikasi-indonesia-telkom- area-ka

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles