Kinerja Bidang Izin Mendirikan Bangunan di Kantor Kecamatan Subang Kabupaten Subang

Authors

  • Luki Natika
  • Nuraida Nuraida FIA Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v2i2.927

Keywords:

Kinerja Bidang Ijin Mendirikan Bangunan

Abstract

Penelitian ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan Kinerja Bidang Ijin Mendirikan Bangunan di Kecamatan Subang Kabupaten Subang dalam hubungannya dengan teori menurut Dwiyato yaitu Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsitas, Responbilitas, dan Akuntabilitas. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan dan melalui wawancara dan dokumen diperoleh dalam bentuk peraturan-peraturan dan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan Kinerja Bidang Ijin Mendirikan Bangunan di Kecamatan Subang Kabupaten Subang Belum Optimal diantaranya Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsitas, dan Responbilitas. Hal tersebut perlu diperhatikan agar Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsitas, dan Responbilitas Optimal.

 

This study discusses matters relating to the Performance of Building Permit in Subang Regency in relation to the theory according to Dwiyato namely Productivity, Service Quality, Responsibility, Responsibility, and Accountability.In this study using descriptive qualitative research methods, through observation, interviews and documentation studies. Sources of data obtained from informants and through interviews and documents obtained in the form of regulations and data processing .The results showed that the Performance of  Building Permit in Subang Sub-District, Subang District Not Optimal, including Productivity, Service Quality, Responsibility, and Responsibility. This needs to be considered so that Productivity, Service Quality, Responsibility, and Optimal Responsibility.

 

References

Cushway, Barry. 2002. Human Resources Management. Jakarta : PT.Gramedia.

Dwiyanto, Agus. 2008. Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

Handoko. T. Hani. 2009. Manajemen,.Yogyakarta : BPFE.

Hasibuan, Malayu SP. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PTBumi Aksara.

Inu. Kecana S. 2006. Ilmu Administrasi Publik. Jakarta : Rineka Cipta.

Mahmudi. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta : Selemba Empat.

Mangkunegara. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Marbun, SF & Mahfud MD. Moh. 2006. Pokok-pokok Hukum Administrasi Negara. Liberty Yogyakarta.

Mashun. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Cetakan Pertama, Yogyakarta : BPFE.

Moleong, lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung. Alfabetha.

Pemerintahan Daerah Kabupaten Subang No. 12 Tahun 2000 Tentang Ijin Mendirikan Bangunan.

Ruky.2001. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Gramedia. Pustaka Utama.

Sudarmanto. 2015. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 1998. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Sulistiyani. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Tangkilisan. 2005. Manajemen Publik. Jakarta : Gramedia Widia.

Undang-undang No. 34 Tahun 2004, Tentang Otonomi Daerah.

Undang-undang No. 25 Tahun 2009, Tentang Pelayanan Publik.Peraturan

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Bandung : PT. Raja Grapindo.

Downloads

Published

2020-12-06

Issue

Section

Articles