Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Siti Ainayah Universitas Subang

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar siswa, problem based learning

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia cenderung masih kurang. Hasil studi Trends in International Mathematic and Science Study (TIMSS) pada tahun 2011 menunjukkan bahwa Indonesia berada di posisi 3 terbawah dari keseluruhan 32 Negara yang berpartisipasi. Skor IPA yang dimiliki siswa di Indonesia adalah 406 dari standar IPA yang ditentukan yaitu 500. Model problem based learning (PBL) diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan 2 kelompok, kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan berbentuk pre-test post-test control group desain .Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian dan angket. Hasil penelitian ini diharapkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditinjau dari hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Ainayah, S. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 149–153. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1301

Issue

Section

Articles