PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TORNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN LIGAR MANAH CIPEUNDEUY

  • Daryati Daryati SDN Ligar Manah Cipeundeuy
Keywords: Pembelajaran PKn, Kooperatif, TGT, PowerPoint

Abstract

Rancangan  dalam  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  terdiri  dari  2 siklus,  setiap  siklus  terdiri  dari  empet  tahap  yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi  danrefleksi. Penelitian dilakukan di SDN Ligar Manah. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas  III tahun pelajaran 2018/2019. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada  siklus  I guru mendapat  skor  27  dengan  kriteria  baik,  dan  pada  siklus  II  guru  mendapat  skor  31  dengan kriteria  sangat  baik.  Sedangkan,  aktivitas  siswa  pada siklus I mendapat rata-rata jumlah skor 24,35 dengan kriteria baik, dan pada siklus II mendapat rata-rata jumlah skor 25,73 dengan kriteria baik. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikalpada siklus I sebesar 70%, dan siklus II mencapai 82,5%.Dari  data  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan  model  kooperatif  tipeTeam Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan guru,  aktivitas  siswa,  dan  hasil  belajar  siswa  dalam  pembelajaran  PKn  di  kelas  III  SDN Ligar Manah. Saran dari peneliti yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru  dapat  menerapkan  model  pembelajaran  inovatif,  khususnya  model  kooperatif  tipe  Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint.

Published
2020-02-03
How to Cite
Daryati, D. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TORNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN LIGAR MANAH CIPEUNDEUY. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 16-26. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/638