UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN OBJEKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CIJOGED KECAMATAN CIPEUNDEUY KABUPATEN SUBANG

  • Tri Koria Iriani Iriani SDN Cijoged Kecamatan Cipeundeuy
Keywords: Puisi Akrostik, Menulis, Pendekatan Objektif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan apresepsi siswa terhadap karya sastra khususnya puisi. Dalam pembelajaran menulis puisi ini, penulis arahkan kepada siswa untuk memahami dan menulis puisi akrostik.Penelitian ini dilaksanakan di kelas V  SD Negeri Cijoged Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan model siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi terhadap siswa dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Kegiatan pembelajaran menulis puisi melalui pendekatan objektif dengan pengenalan terlebih dahulu jenis puisi akrostik. Pembelajaran terdiri dari tiga pertemuan dalam dua siklus. Siklus I pembelajaran menulis puisi akrostik dengan model puisi nama, sedangkan siklus II menulis puisi akrostik dengan model puisi lingkungan. Hasil Pembelajaran menunjukan adanya peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh nilai rata – rata kemampuan siswa mencapai 2,37 dengan katagori cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai dengan rata – rata kemampuan siswa mencapai 3,42 dengan katagori baik. Artinya bahwa pembelajaran menulis puisi melalui pendekatan objektif mampu memperbaiki dan mengoptimalkan kualitas pembelajaran yang dilakukan melalui tindakan kelas. Dan hasil evaluasi terlihat adanya gambaran terbentuknya pemahaman struktur puisi akrostik.

Published
2020-02-03
How to Cite
Iriani, T. K. I. (2020). UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN OBJEKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CIJOGED KECAMATAN CIPEUNDEUY KABUPATEN SUBANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 43-51. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/641