SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION, MEDIA GAMBAR DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LIGARMANAH

  • Agus Jaya SDN Ligarmanah
Keywords: belajar matemtika, Pendekatan Group Investigation, media gambar, satuan berat

Abstract

Dari hasil perbaikan pembelajaran siklus I maupun siklus II yang telah dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas dapat disimpulkan: Dengan penerapan Pendekatan Group Investigation, media gamabar, Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang satuan berat; Dengan media gambar dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa tentang satuan berat, hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi belajar siswa bahwa nilai rata-rata dari pra siklus sampai perbaikan pembelajaran siklus III mengalami peningkatan yaitu dari 59 menjadi 80,4 dan mencapai ketuntasan belajar 100%. Menggunakan Pendekatan Group Investigation, media gamabar Contextual Teaching and Learning yang memungkinkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dan dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuanĀ  berpikir, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektual, belajar berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi dan menjadi pembelajaran yang mandiri. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran merupakan suatu sarana bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif dan merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa dapat optimal.

Published
2020-02-04
How to Cite
Jaya, A. (2020). SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN GROUP INVESTIGATION, MEDIA GAMBAR DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LIGARMANAH. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 92-97. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/648