PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELAJAR SISWA SMA

  • Anik Nafi’ah Universitas Subang
  • Bety Miliyawati Universitas Subang
  • Vara Nina Yulian Universitas Subang
Keywords: Kemampuan pemahaman konsep matematis, pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui pembelajaran koperatif tipe Make-A Match. Kemampuan pemahaman konsep matematis perlu dimiliki oleh siswa dan cara meningkatkannya peneliti telah menerapkan pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya adalah the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Purwadadi. Sampelnya adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 yang termasuk pada kriteria tinggi dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 0,45 yang termasuk pada kriteria sedang. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan Make-A Match lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Pada analisis data angket, dapat diambil kesimpulan bahwa hampir seluruh siswa memberikan respon positif terhadap minat pembelajaran matematika dengan Make-A Match.

How to Cite
Nafi’ah, A., Miliyawati, B., & Yulian, V. N. (1). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELAJAR SISWA SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 98-104. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/649