PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KREATIVITAS GURU DI SMA NEGERI SE-WILAYAH II JAKARTA BARAT

  • Daru Rajindra Manajeman Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Motivasi, Kepuasan Kerja, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kreativitas guru SMA Negeri di wilayah II Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan analisa data yang dilakukan dengan teknik analisa jalur (path analysis). Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument. Terdapat 198 sampel sebagai unit analisis yang diambil dari 394 populasi. Sampel ditentukandengan menggunakan teknik sampel dengan memperhatikan suatu tingkatan pada elemen populasi (stratifite random sampling). Hasil penelitian menunjukan : pertama, terdapat pengaruh langsung positif antara Motivasi terhadap Kreativitas dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,581 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,403. Ini memberikan makna peningkatan Motivasi guru SMA Negeri di Wilayah II Jakarta Barat akan diikuti oleh peningkatan  Kreativitasannya. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif antara Kepuasan Kerja terhadap Kreativitas dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,603 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,439. Ini memberikan makna peningkatan Kepuasan Guru di SMA Negeri di Wilayah II Jakarta Barat akan diikuti oleh peningkatan  Kreativitasannya. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif antara Motivasi terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,407 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,407. Ini memberikan makna peningkatan Motivasi guru SMA Negeri di Wilayah II Jakarta Barat akan diikuti oleh peningkatan  Kepuasan Kerjanya.

Published
2020-02-07
How to Cite
Rajindra, D. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KREATIVITAS GURU DI SMA NEGERI SE-WILAYAH II JAKARTA BARAT. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 141-152. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/655