IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI SOSIAL MELALUI PENGETAHUAN MORAL (MORAL KNOWING)

  • Iis Yeni Sugiarti Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Auliya Aenul Hayati Universitas Swadaya Gunung Jati
Keywords: implementasi, model pembelajaran, multiliterasi sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasi model pembelajaran mulitiliterasi sosial melalui pengetahuan moral tugas dan kewajiban serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan wawancara tidak tidak terstruktur. Hasil validasi memperoleh skor rata-rata skor 73 dengan kategori sangat baik sedangkan hasil pelaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata skor 88 dengan kategori sangat baik. Sebanyak 87% siswa senang mengikuti pembelajaran karena penyampaian materi mengunakan media gambar dan video fenomena sosial erat kaitannya dalam lingkungan siswa serta adanya kelinci dan membuat poster/gambar/puisi menambah daya tarik dalam pembelajaran. Sedangkan 13% siswa merasa tidak senang karena pembelarajaran menggunakan media kelinci tidak menarik. Model pembelajaran multiliterasi sosial melalui pengetahuan moral tugas dan kewajiban dalam memelihara dan merawat kelinci dapat menumbuhkan karakter tanggung jawab dan dapat mengasah bakat terpendam pada siswa.

Published
2020-02-07
How to Cite
Sugiarti, I. Y., & Hayati, A. A. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI SOSIAL MELALUI PENGETAHUAN MORAL (MORAL KNOWING). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 160-168. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/658