http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/issue/feed Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) 2020-12-18T04:12:34+00:00 Open Journal Systems <p>Prosiding <strong>Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)</strong> adalah terbitan yang bersumber dari naskah yang dikirim oleh masing-masing penulis pada kegiatan seminar nasional pendidikan di Universitas Subang. Jurmal ilmiah ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang untuk menghasilkan karya ilmiah yang terkait dengan keilmuan, pendidikan dan pembelajaran bidang pendidikan bahasa Inggris, pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, pendidikan Matematika, dan bidang pendidikan lainnya.&nbsp; &nbsp;</p> http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/949 IMPLEMENTASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MOODLE PADA MASA PANDEMI COVID-19 2020-12-12T15:27:14+00:00 Puteri Amelia puteriameliaxak2@gmail.com Nita Delima puteriameliaxak2@gmail.com Vara Nina Yulian puteriameliaxak2@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif dengan metode studi literatur. Studi literatur pada penelitian ini merupakan sebuah kajian kepustakaan yang berusaha menggambarkan implementasi model <em>guided discovery learning </em>berbantuan <em>moodle </em>pada pendidikan di era revolusi industri 4.0 khususnya pada masa pandemi covid-19. Pada penelitian ini penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal, dan dokumen-dokumen&nbsp; yang relevan dengan kajian dalam penelitian ini. Studi ini memfokuskan pada wacana karakteristik penggunaan model <em>guided discovery learning, moodle, </em>khususnya di Indonesia pada kondisi masa pandemi covid-19 dan era revolusi industri 4.0. Hasil studi menunjukan bahwa implementasi model <em>guided discovery learning </em>berbantuan <em>moodle </em>pada masa pandemi covid-19 sangat penting terutama dalam era revolusi industri 4.0 ini, terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model <em>guided discovery learning.</em></p> 2020-12-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/950 STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL ONLINE MELALUI APLIKASI MOODLE DAN GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK 2020-12-13T07:48:15+00:00 Sidik Zatnika zatnikas96@gmail.com Nita Delima zatnikas96@gmail.com Vara Nina Yulian zatnikas96@gmail.com <p>Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan dalam penyampaian pembelajaran matematika kepada siswa dimana guru dapat berinovasi dalam penyampaian pembelajaran matematika kepada siswa dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat digunakan secara <em>online </em>untuk menyampaikan materi pembelajaran matematika kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK jika diterapkan model pembelajaran kontekstual online yang menggunakan penggabungan dua aplikasi yaitu aplikasi moodle dan google meet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari berbagai sumber.</p> 2020-12-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/952 THE EFFECT OF TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) TEACHING METHOD TOWARDS STUDENTS’ SPEAKING SKILL 2020-12-14T00:40:54+00:00 Ayu Santika ayusantsant@gmail.com Mimin Aminah miminaminah489@gmail.com Jufrianto Sibarani jufriantosibarani@gmail.com <p>The research aims to know the effect of total physical response teaching method towards students’ speaking skill, the implementation of the teaching method to senior high school students and the students’ responds to the teaching method. The research was conducted to the eleventh grade students of SMAN 1 Purwadadi in academic year 2020/2021 using the quasi experimental research design. The research was consisted of four meetings including pretest, posttest, treatment and questionnaire distribution. The result of the research was analyzed using SPSS 21 program which show the significance difference between the students who taught by TPR and the students who taught by the conventional teaching method. The result of independent sample T-test was 0.007 which is less than 0.05, it means that H<sub>0</sub> is rejected and H<sub>a</sub> is accepted. The result of independent sample T-test was supported by the result of questionnaire and field notes that show the positive improvements. In conclusion, the result of the research indicate that the effect of total physical response teaching method could improve the students’ speaking skill and the result of questionnaire indicate that students felt that learning to speak was easier using gestures</p> 2020-12-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/953 THE INFLUENCE OF USING WHATSAPP VOICE NOTE MESSAGES APPLICATION TOWARDS STUDENT’S PRONUNCIATION 2020-12-14T01:23:02+00:00 Iche Yulinda Oktaviani icheyulindaok@gmail.com Muhammad Anjar Nugraha anjarnugraha@ymail.com Lusiana Suciati Dewi lusianasuciatidewi11@gmail.com <p>This research aims at finding the effectiveness of WhatsApp voice note messages in teaching pronunciation to English Foreign Language students at <em>SMAN 2 S</em><em>ubang.</em> This research is an experiment research one group pretest-post test. The data were taken from test, observation and questionnaire. The results found that the mean in the pre-test is 75 with the minimum score is 66 and the maximum score is 90. Meanwhile, after giving treatment, it is found that the mean is 79 with the minimum score is 71 and the maximum score is 90. It comes to the conclusion that using voice note messages could give significant progress to students of Twelfth grades of SMAN 2 SUBANG during the pronunciation research. They are enthusiasm and give positive responses using Whatsapp voice note messanger during pandemic.</p> 2020-12-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/954 PENGARUH METODE LATIHAN BLOCK PRACTICE DAN RANDOM PRACTICE TERHADAP KETERAMPILAN DASAR FUTSAL PADA TEAM FUTSAL SMKN 1 LEGONKULON 2020-12-14T12:58:19+00:00 Dodi Hutama Putra muhammadanzar23@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode latihan <em>block </em>dan <em>random </em>terhadap keterampilan dasar futsal pada team futsal SMKN 1 LEGONKULON. (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara metode latihan <em>block </em>dan <em>random </em>terhadap keterampilan dasar futsal pada team futsal SMKN 1 LEGONKULON. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain “<em>two groups pre-test-post-test design”</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa anggota tim futsal SMKN 1 Legonkulon yang berjumlah 16 orang. Teknik <em>sampling </em>menggunakan <em>total sampling</em>, yaitu siswa anggota tim futsal SMKN 1 Legonkulon yang berjumlah 16 orang. Instrumen yang digunakan adalah Tes Futsal FIK Jogja yang dikutip dari Tes Keterampilan Bermain Futsal (Agus Susworo Dwi Marhaendro dan Saryono: 2012). Data yang dikumpulkan yaitu berupa keterampilan dasar futsal<em>. </em>Tes dan Pengukuran yang digunakan adalah dengan tes <em>keterampilan dasar futsal. </em>Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedan (uji-t) dengan melalui uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ”Terdapat Pengaruh Metode Latihan Block Dan Random Terhadap Keterampilan Dasar Futsal Pada Team Futsal SMKN 1 LEGONKULON.”</p> 2020-12-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/955 PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SISWI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PURWADADI 2020-12-14T13:11:39+00:00 Furqon Lukman Nulhakim muhammadanzar23@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>One Group Pretest and Post Test Design</em>. Subyek dari penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler bola voli putri, dengan jumlah 20 siswi. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen berupa <em>Kautz Volley Ball Passing Test</em>. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-t mendapatkan t <sub>hitung</sub> sebesar - 10,405 lebih besar dari t <sub>tabel</sub> sebesar 1,729 (-10,405 &gt; 1,729), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 3,50 dari 17,60 menjadi 21,10. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 19,89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan metode bermain terhadap kemampuan <em>passing</em> bawah bola voli siswi ekstrakurikuler SMA N 1 Purwadadi.</p> 2020-12-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/957 PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH DASAR 2020-12-18T03:47:56+00:00 Parno Parno sdnlangesari753@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan represetasi siswa yang masih rendah karena pembelajaran di kelas belum melibatkan siswa secara langsung dalam memanipulasi benda-benda nyata sebagai titik awal dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan <em>Realistic Matematics Education</em>. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah 20 siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan rincian sebagai berikut: persentase kemampuan representasi matematis pada siklus 1 sebesar 55% meningkat pada siklus II menjadi 90% . Pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari tiap siklusnya, siklus I sebesar 62% meningkat menjadi 82%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan <em>Realistic Mathematics Education </em>dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.</p> 2020-12-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/958 PROFIL KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA SMA 2020-12-18T04:12:34+00:00 Ika Rifqiawati ikarifqiawati@untirta.ac.id Mila Ermila Hendriyani ikarifqiawati@untirta.ac.id Ipah Hayati ikarifqiawati@untirta.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan literasi informasi siswa SMA dan sederajat se-Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa sebanyak 98. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes melalui, angket, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles &amp; Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa SMA dan sederajat se-Kota Serang memiliki kemampuan literasi informasi dalam kategori baik yaitu sebesar 78,3%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa siswa lebih banyak memanfaatkan perangkat Teknologi informasi dan Komunikasi untuk mencari informasi dibandingkan dengan perpustakaan. Kemampuan literasi siswa masih perlu dilatih lagi pada sub variabel strategi dan pencarian informasi dan sub variabel lokasi dan akses informasi</p> 2020-12-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)