IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM KEGIATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI KECAMATAN CISALAK KABUPATEN SUBANG

Authors

  • iwan henri kusnadi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Teori implementasi kebijakan yang digunakan menurut Grindle yang terdapat 2 dimensi yaitu isi kebijakan dan konteks implementasinya.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan informan dalam penelitia ini adalah orang –orang yang dipandang dapat memberikn informasi yang memadai tentang kesehatan perilaku hidup bersih dan sehat dengan pemilihan secara purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri.

Hasil dari penelitian ini adalah dalam implementasinya belum berjalan dengan baik. Kegiatan PHBS masih belum memberikan perubahan yang baik dikarenakan masih kurangnya peran serta masyarakat dalam mensukseskan kebijakan CSR melalui kegiatan PHBS ini. Adanya penempatan penampungan air yang kurang strategis karena dalam penempatannya masih melibatkan peran atau kekuasaan dari aktor yang terlibat untuk menentukan lokasi penampungan air bersih tersebut sehingga menempatkan pembangunan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Peneliti memberikan saran perlu adanya sosialisasi ataupun pemicuan secara berkelanjutan dan menambah Sumber Daya Manusia dari pelaksana. Kepada masyarakat diharapkan dapat menjaga dan merawat fasilitas yang telah disediakan, serta dapat memanfaatkan fasilitas dengan baik

Downloads

Published

2018-10-26