KINERJA KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN DALAM PELAKSANAAN REGISTRASI PENDUDUK MENURUT TINGKAT MIGRASI PENDUDUK DESA KALIJATI BARAT KECAMATAN KALIJATI KABUPATEN SUBANG
Keywords:
kinerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala seksi pemerintahan dalam pelaksanaan registrasi kependudukan menurut tingkat migrasi penduduk desa kalijati barat khususnya mengenai tertib administrasi kependudukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, obervasi, dan telaah dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kinerja kepala seksi pemerintahan dalam pelaksanaan registrasi penduduk desa kalijati barat dilihat dari lima indicator yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas dapat dikatakan belum optimal. Indikator produktivitas ditunjukkan dengan belum tercapainya target dari tertib administrasi penduduk terkait peran petugas pendataan penduduk perlu terus dibina. Indikator Kualitas layanan sudah sesuai standar pelayanan yang di tentukan. Indikator resposivitas ditunjukkan dengan daya tanggap yang dimiliki petugas pelayanan sudah cukup baik, namun setelah peneliti amati dilapangan sosialisasi yang diberikan tidak berjalan dengan efektif. Indikator responsibilitas kemampuan birokrasi dalam penyelesaian pekerjaan bergantung pada pemohon sendiri, mengenai informasi prosedur pelayanan yang diberikan aparatur Desa Kalijati Barat sudah sesuai aturan yang berlaku adapun masyarakat yang masih belum mengerti mungkin itu didasarkan tingkat pendidikan. Indikator akuntabilitas dilihat dengan adanya pertanggungjawaban serta tanggung jawab pegawai dalam memberikan pelayanan pada masyarakat yang sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, namun belum terpenuhinya tempat pelayanan Desa Kalijati Barat dengan fasilitas-fasilitas yang dapat menciptakan suasana nyaman bagi pemohon pelayanan. Fasilitas yang menjadi tanggung jawab pimipinan yang terpenting diantaranya adalah usaha dalam memperkecil hambatan-hambatan yang mengganggu kelancaran pekerjaan.