KINERJA BIDANG PENGELOLAAN PASAR DALAM PENGELOLAAN PASAR BARU SUBANG

Authors

  • luki natika

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan menganalisis mengenai Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang. Pendekatan penelitian yang di gunakan untuk mengkaji mengenai Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang adalah Pendekatan menggunakan analisis kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang diteliti digunakan untuk mengungkapkan permasalahan dalam kehidupan kerja organisasi pemerintah dan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Informan yang diambil adalah Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Kasie Pengawasan dan Pengembangan Pasar, Kasie Retribusi, Kasie Kebersihan dan Keamanan Pasar, Kepala PTO Pasar Baru Subang, Pedagang dan Pengunjung Pasar.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang secara umum belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari Indikator kinerja Yaitu, Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang belum optimal dan perlu ditingkatkan. Dilihat dari sistem pengangkutan. Kualitas Layanan yang di berikan oleh Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang belum optimal. Responsivitas petugas dalam pengelolaan pasar dapat dikatakan belum optimal dan masih perlu ditingkatkan. Responsibilitas Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang sudah optimal karena semua kegiatan yang di lakukan di Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang sudah sesuai dengan standart operasional prosedur. Akuntabilitas Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari transparansi pada pedagang tidak dilakukan, karena pedagang butuh informasi mengenai untuk apa retribusi yang dikumpulkan setiap hari dalam pengelolaan Pasar Baru Subang.

Sesuai dengan indikator Kinerja yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto yaitu Produktivitas, Kualitas layanan, Responsivitas, Respontabilitas dan Akuntabilitas. Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang. Berdasarkan kriteria indikator tersebut bahwa Produktivitas, Kualitas layanan, Responsivitas, Akuntabilitas belum optimal, sedangkan hanya baru Responsibilitas saja yang sudah optimal.

Downloads

Published

2018-10-26