KUALITAS PELAYANAN BAGI PENGIDAP/PENDERITA HIV DAN AIDS DI PUSKESMAS SUKARAHAYU KECAMATAN SUBANG
Abstract
Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan bagi Pengidap/Penderita HIV dan AIDS di Puskesmas Sukarahayu pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat Sukarahayu Kecamatan Subang. Penelitian dan penulisan ini membahas hal-hal yang berkaitan dengankualitas pelayananPengidap/Penderita HIV dan AIDS pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat Sukarahayu Kecamatan Subang dengan teori Carlson dan Scwartz dalam Denhardt dan Denhardt (2003:61) yaitu Comvenience (kemudahan), Security (keamanan), Reliability (keandalan), Personal Attention (perhatian kepada orang), Problem Solving Approach (pendekatan pemecahan masalah), Faireness (keadilan), Facial responsibility (tanggung jawab keuangan) dan Citizen influence (pengaruh masyarakat)
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengamatan dan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan dokumen diperoleh dalam bentuk peraturan-peraturan dan pengolahan data.
Kualitas Pelayanan Pengidap/Penderita HIV dan AIDSpada UPTD Puskesmas Sukarahayu Kecamatan Subang belum sesuai dengan teori Carlson dan Scwartz dalam Denhardt dan Denhardt (2003:61)