KUALITAS PELAYANAN PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN PURWAKARTA

Authors

  • ade nawawi

Keywords:

Kualitas Pelayanan

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengkaji penelitin ini adalah pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang mengeksplorasi bagaimana kenyataan sosial yang terjadi dengan mendeskripsikan hal-hal yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah 1) Kepala UPTD dan Petugas UPTD Pemadam Kebakaran, perwakilan masyarakat. Metode analisis dalam penelitian ini dengan melakukan pengumpulan data dan dilakukan secara intensif yakni sesudah meninggalkan lapangan, pekerjaan menganalisis data memerlukan usaha pemusatan perhatian dan pengarahan tenaga fisik dan pikiran dari peneliti, dan selain menganalisis data peneliti juga perlu mendalarni kepustakaan guna mengkonfirmasikan atau menjustifikasikan teori baru yang barangkali ditemukan.

Hasil yang diperoleh bahwa 1) UPTD Dinas Pemadam Kebakaran dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah transparan kepada masyarakat. Para petugas UPTD tidak pernah menerapkan prosedur pelayanan yang berbeda dengan aturan formal atau juklak. 2) Penyelenggaraan pelayanan di UPTD Dinas Pemadam Kebakaran dapat dipertanggungjawabkan kepada pemerintah sehingga akuntabilitasnya dapat dikatakan cukup baik. 3) Dalam melakukan pelayanan dengan tepat petugas pemadam kebakaran Kabupaten Purwakarta belum maksimal. Meskipun dalam pelaksanaan pemadaman petugas berusaha memahami keadaan kondisi api, tetapi masih sering terjadi kesalahan yang dilakukan dalam hal penanganan bencana kebakaran tersebut. Hal ini dikarenakan terkendala oleh keadaan sarana dan prasarana petugas pemadam kebakaran. 4) Keterlibatan masyarakat dalam partisipasi pelayanan adalah dengan diikutkan sebagai peserta warga masyarakat yang belum pernah mengikuti kegiatan penyuluhan bahaya kebakaran yang tinggal diwilayah Kabupaten Purwakarta. 5) Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta sudah berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tidak melihat status sosial masyarakat, karena masyarakat mempunyai kesamaan hak untuk mendapat pelayanan yang sama tanpa melihat status sosial mereka. 6) Para petugas selalu merespon laporan pengaduan dari masyarakat tentang kejadian kebakaran, kecepatan pelayanan dari petugas pemadam kebakaran masih belum baik dan usaha yang dilakukan belum maksimal. Adanya kendala dengan akses jalan yang sempit dan sarana dan prasarana yang dialami petugas mengakibatkan factor keterlambatan dapat terjadi dalam menangani bencana kebakaran.

Downloads

Published

2018-10-26