PENGARUH KOMPETENSI KINERJA TERHADAP KINERJA ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SUBANG

Authors

  • HANI RUCHENDI

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu kinerja pegawai/anggota rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh belum dijalankannya kategori-kategori kompetensi secara menyeluruh oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Subang. Pendekatand alam penelitian ini tentang kompetensi dan kinerja dilihat dari konteks kebijakan publik dan administrasi publik sebagai teori induknya untuk mengembangkan khasanah Ilmu administrasi Publik.

Metode penelitian yang digunakan, metode explanatory survey. Metode ini digunakan untuk menjelaskan fenomena sosial yang dalam hal ini digunakan untuk meneliti pengaruh Kompetensi sebagai variabel bebas terhadap Kinerja sebaga variabel terkait. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui penggunaan Metode Analisis Jalur (Path Analysis) yang dimaksudkan untuk mengethui besaran pengaruh variabel Kompetensi terhadap Kinerja Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Subang, baik secara simultan maupun parsial.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, pengaruh kompetensi terhadap kinerja 68,17%. Adapun pengaruh variabel lain terhadap kinerja sebesar 31.83%. Sedangkan secara parsial, pengaruh kompetensi yang terdiri dari lima kategori kompetensi yang meliputi : kategori Task achievement berpengaruh positif terhadap kinerja sebesar 42,73%, kategori Relationship berpengaruh positif terhadap kinerja sebesar 19,30%, kategori personal attribute berpengaruh positif terhadap kinerja sebesar -2,45% dan kategori Leadership berpengaruh negatif terhadap kinerja sebesar -6,20%. Dari ke lima kategori kompetensi yang memberikan pengaruh dominan secara parsial terhadap kinerja, yaitu kategori task achievement berpengaruh positif terhadap kinerja sebesar 42,73%.

Selanjutnya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Subang. Bahwa secara menyeluruh kompetensi telah dilaksanakan dan dijalankan sesuai dengan faktor-faktor kinerja.

Downloads

Published

2019-03-23