PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUBANG

Authors

  • TEPI PEIRISAL

Keywords:

Iklim Organisasi, kinerja

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang bertujuan Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode
penelitian dengan menggunakan metode Asosiatif karena metode penelitian asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi,
wawancara dan penyebaran kuesioner.

Dalam analisis data penulis menggunakan dua jenis kajian, pertama menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan fenomena pada setiap variabel, Kedua menggunakan Analisis inferensial untuk pengambilan keputusan berdasarkan analisis data dengan melakukan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang dapat dilihat dari nilai Sig. = 0.000 yang berarti < kriteria signifikan (0,05) dan Koefisien Determinasi sebesar 69,6%, sebaran sisanya sebesar 30,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti disini pengawasan, motivasi, sosialisasi dan sebagainya.

Bertitik tolak dari hasil penelitian diatas maka hipotesis yang diajukan adalah “Terdapat pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang†dapat diterima.

Downloads

Published

2019-04-04