PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DESA SUKAKERTI KECAMATAN CISALAK KABUPATEN SUBANG

Authors

  • TEPI PEIRISAL

Keywords:

Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kualitas Pelayanan di Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang†ini disusun untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan seorang Kepala Desa di Desa Sukakerti terhadap kualitas pelayanan yang dihasilkan oleh para  pegawainya. Pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif digunakan untuk mengukur signifikansi antara pengaruh kepemimpinan terhadap
kualitas pelayanan. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang merupakan penduduk dari Desa Sukakerti yang keseluruhan responden berjumlah 1963 (penduduk usia >/=17 tahun) dihitung menggunakan rumus Yamane sehingga menghasilkan 95 responden yang akan memberikan penilaian mengenai variabel x dan y. Kemudian dilakukan pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis korelasi.

Pada dasarnya, jawaban atas penilaian responden terhadap objek yang diteliti menunjukkan angka korelasi sebesar 0,221. Hal ini menunjukkan bahwa korelasi antara kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan memiliki pengaruh rendah/kecil. Namun demikian, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dari Kepala Desa di Desa Sukakerti tidak menunjukkan adanya respon positif dari masyarakat yang memberikan penilaiannya.

Hasil dari keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa dan kualitas pelayanan yang dihasilkan di Desa Sukakerti dapat dikatakan “Burukâ€. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya respon masyarakat yang menilai “Tidak Setuju†dari pernyataan positif dan memberikan persentase yang signifikan dengan kategori “Ragu-ragu†atas pernyataan positif terhadap penilaian kualitas pelayanan yang dihasilkan.

Downloads

Published

2019-04-04