EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI PENDUDUK MISKIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNGSIANG KECAMATAN TANJUNGSIANG KABUPATEN SUBANG

Authors

  • iwan henri kusnadi

Keywords:

Evaluasi Kebijakan

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui fakor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Evaluasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk Miskin di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjungsiang Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang, menggunakan indikator Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Pemerataan, Responsivitas, dan Ketepatan. Penelitian ini menggunakan model persamaan regresi multiple yang sering disebut dengan Structural Equation Modeling (SEM) atau Linear Structural Relationship (LISREL). SEM banyak digunakan dalam penelitian ilmu-ilmu sosial dan perilaku berbasis penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Faktor Komfirmatori atau sering disebut Comfirmatory Factor Analysis (CFA). Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang dapat berfung si untuk menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol suatu gejala yang ada melalui gejala yang ada melalui pengumpulan data dilapangan dengan menggunakan kuesioner dan di sebarkan kepada responden terkait pelaksanaan kebijakan pelayanan kesehatan bagipenduduk miskin. Untuk penghitungannya menggunakan model pengukuran (outer model) dan dibantu menggunakan Statistic Programmer For Social Science (SPSS)versi 16.0.
Berdasarkan hasil analisis model pengukuran (outer model) pada statistik uji t-student untuk setiap indikator pada Variabel Laten Evaluasi Kebijakan, diperoleh hasil perhitungan nilai t-student dimensiEfektivitas = 15.87> 1.96, dimensiEfisiensidengannilai t-student = 21.28> 1.96, dimensi Kecukupan dengan nilai t-student = 8.13> 1.96, dimensi Pemerataan dengan nilai t-student = 20,41> 1.96, dimensi Responsivitas dengan nilai t-student = 14.08 > 1.96, dandimens iKetepatan dengan nilai t-student= 5.64 > 1.96. Sehingga dapat diputuskan H0 ditolak dan H1 diterima dengan kata lain terdapat pengaruh signifikan dari Efektivitas, Efisiensi, Kecukupan, Pemerataan, Responsivitas dan Ketepatan terhadap Evaluasi kebijakan pelayanan kesehatan bagi penduduk miskin di PuskesmasTanjungsiang.

Downloads

Published

2020-09-10