PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP SDN KALAPADUA KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN 2017
Keywords:
Kompetensi Guru, Aktivitas guru dan siswa, Supervisi Akademik, Rencana Program PembelajaranAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil kompetensi pedagogik guru dalam mengajar mata pelajaran yang diampu pada siswa SD Negeri Kalapadua melalui Penerapan Supervisi Akademik. Subyek penelitian ini adalah guru pada Sekolah Dasar Negeri Kalapadua Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu, dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif yang baik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP Siklus 1 Pada perumusan indikator tujuan pembelajaran sudah ada peningkatan hingga mencapai 60%, Penentuan Bahan/materi pelajaran tetap pada 70%, Kemampuan menentukan Strategi/metode Pembelajaran yang relevan meningkat menjadi 60 %, Perencanaan penggunaan media pembelajaran pada level 60 % tetapi ada peningkatan pada variasi media yang digunakan, dan dalam penentuan rencana evaluasi pembelajaran juga mengalami peningkatan hingga 60% dan sudah terlihat gambaran bentuk dan jenis evaluasi yang digunakan. Sedangkan pada Siklus 2 Perumusan tujuan pembelajaran hasil rata-rata menunjukkan angka 70%. Pada penentuan bahan ajar diperoleh hasil 80%,Penentuan strategi/metode pembelajaran ia dan alat mencapai 75% dengan variasi yang semakin beragam. Pada penentuan media dan alat pembelajaran ada peningkatan hingga 80%, dan Perencanaan kegiatan evaluasi bisa mencapai 70% dan sudah mencantumkan, bentuk, jenis dan bahkan soal yang digunakan beserta kunci jawaban atau pedoman penilaiannya, serta mencantumkan alokasi waktu yang dibutuhkan. Dengan terjadinya perubahan siklus 1 ke siklus 2 terlihat adanya peningkatan yang signifikansehingga dapat dikatakan penerapan supervisi akademik menigkatkan kompetensi pedagogik guru.Begitupun kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dengan terdapatnya perubahan nilai rata-rata siswa di siklus satu dan duaserta aktivitas guru dan siswa sudah semakin baik dengan antusias siswa dalam berdiskusi baik memahami penjelasan guru ataupun bekerja kelompok dengan temannya.
Berdasarkan hal itu, penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPPdi SD Negeri Kalapadua Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2016/2017.