PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA BERPASANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI UNGKAPAN PERINTAH

Authors

  • Enen Herawati SD Negeri Cijengkol Kecamatan Serangpanjang

Keywords:

bercerita berpasangan, kemampuan siswa, ungkapan perintah

Abstract

Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas I  dalam memahami materi ungkapan perintah masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran bercerita berpasangan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SD Negeri Cijengkol semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dalam memahami materi ungkapan perintah?” Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  siswa dalam memahami materi ungkapan perintah melalui penerapan model pembelajaran bercerita berpasangan di kelas I SD Negeri Cijengkol semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi ungkapan perintah dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran bercerita berpasangan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa  dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 66,54 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 46,15% dan hasil test pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 81,15 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 88,46%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,6 dari siklus 1 ke siklus 2.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Herawati, E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA BERPASANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI UNGKAPAN PERINTAH. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 264–273. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/539