BUDAYA ORGANISASI DALAM PELAYANAN WISATAWAN MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB) PADA PT. SARI ATER HOTEL & RESORT
DOI:
https://doi.org/10.37950/wbaj.v2i1.912Keywords:
Kemampuan bekerja, Budaya OrganisasiAbstract
Perusahaan tanpa sumber daya manusia yang baik dalam strategi serta operasional tidak akan mampu mencapai tujuan perusahaan. Berhasil atau gagalnya tujuan perusahaan tidak terlepas dari bagaimana kinerja karyawanya. Organisasi dituntut mempertahankan karyawannya agar menghasilkan kinerja yang baik serta karyawan dapat mendedikasikan diri kepada organisasi di mana karyawan bekerja. Permasalahan kinerja karyawan masih menjadi permasalahan serius bagi banyak perusahaan baik dalam bidang manufaktur ataupun j asa. Salah satu perusahaan yang mengalami masalah kinerja yaitu PT. Sari Ater Hotel dan Resort Subang. Adapun upaya yang dilakukan oleh PT. Sari Ater Hotel dan Resort Subang untuk meningkatkan kinerja yaitu dengan cara meningkatkan kemampuan kerja dan melakukan coaching kepada karyawannya.
Companies without human resources that are good in strategy and operations will not be able to achieve company goals. Success or failure of company goals is inseparable from how their employees perform. The organization is required to retain its employees to produce good performance and employees so that they dedicate themselves to the organization in the workplace. Employee performance issues are still a serious problem for many companies, both in manufacturing and services. One of the companies that experiences performance problems is PT. Sari Ater Hotel and Resort Subang. The efforts have been made by PT. Sari Ater Hotel and Resort Subang to organization of culture; it is by increasing the workability and coaching to its employees.
References
Amsyah, Zulkifli. 2003. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gibson, James L. et al. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Ninuk Adriani. Jakarta: Binarupa Aksara.
Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Indrawijaya, I.Adam, 2000, Perilaku organisasi, Cetakan Keenam, Sinar Biru Algensindo, Bandung
Mahsun, mohammad. 2006. Pengukuran Kinerja sektor Pelayanan Publik. Yogyakarta: BPFE.
Monier. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Moleong, Lexzy J, Metodologi Penelitian Kwalitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2007.
Moleong , 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Miles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London:Sage Publication.
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. CV. Alfabeta. Makassar.
P. Robins, Stephen, 1990, Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi, Arcan, Jakarta.
Siagian, P.Sondang, 1995, Teory Motivasi dan aplikasinya, Cetakan kedua,Rineka Cipta,Jakarta.
Sinambella Lijan poltak dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta:Bumi Aksara.