BUDAYA ORGANISASI DALAM PELAYANAN WISATAWAN MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB) PADA PT. SARI ATER HOTEL & RESORT

Authors

  • Iwan Henri Kusnadi
  • Ade Suparman FIA Universitas SUbang
  • Ine Mariene FISIP Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v2i1.912

Keywords:

Kemampuan bekerja, Budaya Organisasi

Abstract

Perusahaan tanpa sumber daya manusia yang baik dalam strategi serta operasional tidak  akan mampu  mencapai  tujuan  perusahaan.  Berhasil  atau gagalnya  tujuan perusahaan tidak terlepas dari bagaimana kinerja karyawanya. Organisasi dituntut mempertahankan   karyawannya   agar   menghasilkan   kinerja   yang   baik   serta karyawan dapat mendedikasikan diri kepada organisasi di mana karyawan bekerja. Permasalahan kinerja karyawan masih menjadi permasalahan  serius bagi banyak perusahaan  baik dalam bidang manufaktur  ataupun j asa.  Salah satu perusahaan yang mengalami  masalah kinerja  yaitu PT.  Sari Ater Hotel dan Resort Subang. Adapun upaya yang dilakukan oleh PT. Sari Ater Hotel dan Resort Subang untuk meningkatkan kinerja yaitu dengan cara meningkatkan kemampuan kerja dan melakukan coaching kepada karyawannya.

 

Companies without human resources that are good in strategy and operations will not be able to achieve  company goals.  Success or failure of company  goals is inseparable from how their employees perform. The organization  is required to retain  its employees  to produce  good performance  and employees  so that they dedicate themselves to the organization in the workplace. Employee performance issues are still a serious problem for many companies, both in manufacturing and services. One of the companies that experiences performance problems is PT.  Sari Ater Hotel and Resort Subang. The efforts have been made by PT.  Sari Ater Hotel and Resort Subang to organization of culture; it is by increasing the workability and coaching to its employees.

References

Amsyah, Zulkifli. 2003. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gibson, James L. et al. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Ninuk Adriani. Jakarta: Binarupa Aksara.

Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Indrawijaya, I.Adam, 2000, Perilaku organisasi, Cetakan Keenam, Sinar Biru Algensindo, Bandung

Mahsun, mohammad. 2006. Pengukuran Kinerja sektor Pelayanan Publik. Yogyakarta: BPFE.

Monier. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, Lexzy J, Metodologi Penelitian Kwalitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2007.

Moleong , 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Miles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London:Sage Publication.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. CV. Alfabeta. Makassar.

P. Robins, Stephen, 1990, Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi, Arcan, Jakarta.

Siagian, P.Sondang, 1995, Teory Motivasi dan aplikasinya, Cetakan kedua,Rineka Cipta,Jakarta.

Sinambella Lijan poltak dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta:Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-11-15

Issue

Section

Articles