Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Anggota Dalam Memanfaatkan Produk Koperasi: Studi Kasus Pada Koperasi Bahrul Ulum Subang
DOI:
https://doi.org/10.37950/wfaj.v3i1.1070Keywords:
pelayanan, minat, koperasiAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisa dampak kualitas pelayanan terhadap minat anggota koperasi dalam memanfaatkan produk koperasi bahrul ulum. Responden penelitian ini adalah 140 anggota koperasi instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Data dari kuesioner yang sudah diisi kemudian diolah dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh positif minat anggota untuk menggunakan jasa koperasi. Oleh karena itu diharapkan Koperasi Bahrul Ulum dapat terus mempertahankan kualitas layanan yang sangat baik kepada pelanggan dengan menawarkan inovasi produk yang diberikan. Berarti semakin tinggi kualitas pelayanan dan manfaat yang diberikan oleh Koperasi, maka partisipasi anggota juga akan semakin meningkat.
Kata Kunci : pelayanan, minat, koperasi
Abstract
The purpose of this study is to analyze the effect of service quality on the interest of cooperative members in utilizing Bahrul Ulum cooperative products. The respondents of this study were 140 members. The research instrument used was a questionnaire. The data from the completed questionnaire was then processed using multiple linear regression techniques. The results showed that the service quality variable had a positive effect on members' interest in using cooperative services. Therefore, it is hoped that the Bahrul Ulum Cooperative can continue to maintain excellent service quality to customers by offering a given product innovation. This means that the higher the quality of services and benefits provided by the Cooperative, the participation of members will also increase.
Keywords: services, interests, cooperatives
References
As’ad Mochamad. 1995. Prikologi Industry. Yogyakrta:Andi Ofset.
Hadhikusuma. 2000. Hukum Koperasi Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hendar dan Kusnadi.2005. Ekonomi Koperasi (Untuk Perguruan Tinggi) Edisi Kedua. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Hendar.2010. Manajemen Perusahaan Koperasi Pokok-pokok pikiran mengenai Manajemen dan Kewirausahaan Koperasi. Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi.2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.
Nindyo Pramono. 2006. Beberapa Aspek Koperasi Pada Umumnya dan Koperasi Indonesia di dalam Perkembangan, Yogyakarta: TPK Gunung Mulia
Oliver, R. L. 2006. Satisfaction A Behavioral Prespective On The Costumer. Mc. Graw – Hil. New York.
Philip Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.
Yamit, Zulian. 2005. Manajemen Kual