PROSEDUR PENDAFTARAN PINJAMAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA PT. BANK RAKYAT INDONSIA (Persero) Tbk. UNT TANJUNGSARI CABANG PAMANUKAN

Authors

  • Sarah Mutmainah Magister Akuntansi, Universitas Padjadjaran
  • Renaldi Pratama Putra Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wfaj.v4i1.1341

Keywords:

People's Business Credit (KUR), Bank BRI

Abstract

Abstrak

Bank adalah salah satu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, mengadakan pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan berkas, membiayai usaha perusahan-perusahan dan lain-lain. Bank Rakyat  Indonesia (BRI) Banyak fasilitas yang di sediakan dari pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI )untuk masyarakat yaitu simpan pinjam. Salah satu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah meberdayakan usaha kecil khususnya dalam akses permodalan adalah melalui programkredit   usaha   rakyat.   Pada   dasarnya   kredit   usaha   rakyat   merupakan suatu kredit   atau   pembiayaan   modal   kerja   dan   atau   investasi   kepada   usaha mikro,kecil, menengah dan koperasi di bidang usaha produktif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pendaftaran pinjaman Kredit  Usaha Rakyat  (KUR) kepada calon nasabah dan kendala-kendala apa saja yang di hadapi oleh nasabah pada saat proses pendaftaran hingga proses akad kredit. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dimana penelitian tersebut mendeskripsikan atau menggambarkan prosedur pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Bank Rakyat  Indonesia Unit Tanjungsari memberikan persyaratan kredit khususnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan mudah dan sederhana sehingga calon nasabah tidak merasa kesulitan dengan prosedur yang telah di tetapkan oleh Bank, untuk kendala-kendala yang di hadapi oleh calon nasabah mulai dari proses pendaftaran permohonan kredit hingga proses akad kredit. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di tarik kesimpulan bahwa posedur prosedur pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) relative mudah dan sederhana dan kendala-kendala yang ada mudah terselesaikan.

Kata Kunci : Kredit usaha rakyat, Bank BRI

 

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

A bank is a type of financial institution that performs various services, such as providing loans, circulating currency, supervising currency, acting as a file storage area, financing the business of companies and others. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Many facilities are provided by Bank Rakyat Indonesia (BRI) for the community, namely savings and loans. One of the policies made by the government to empower small businesses, especially in access to capital, is through the people's business credit program. Basically, people's business credit is a credit or financing for working capital and or investment to micro, small, medium enterprises and cooperatives in the productive business sector.

The purpose of this study was to determine the procedure for registering People's Business Credit (KUR) loans to prospective customers and what obstacles were faced by customers during the registration process to the credit contract process. The analysis used is descriptive qualitative where the research describes or describes the loan procedures for People's Business Credit (KUR).

From the research results show that PT. Bank Rakyat Indonesia Tanjungsari Unit provides credit requirements, especially People's Business Credit (KUR) easily and simply so that prospective customers do not find it difficult with the procedures set by the Bank, for the obstacles faced by prospective customers starting from the credit application registration process to the credit agreement process. Based on the research results, it can be concluded that the procedure for the People's Business Credit (KUR) loan is relatively easy and simple and the existing constraints are easily resolved.

Keywords: People's Business Credit (KUR), Bank BRI

References

Iskandar, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta : GP. Press

Kerlinger, Fred N. & Howard B. Lee. 2000. Foundations of Behavioral Research.4th Edition. Florida: Harcourt Inc.

Kementrian Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menegkop dan UKM), dalam www.kemenkeu.go.id, diakses tanggal 20 Januari 2022.

Lusia Situmorang, dkk, 2003. Usaha Kecil Menengah dan pembangunan, Jakarta: GHalia Indonesia.

Soedjono, Abd. Rachman dan Tiktik Sartika Pratomo. 2004. Ekonomi Skala Kecil/Menengah Dan Koperasi, Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Suyatno. Thomas. 2001. Dasar-dasar Perkreditan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tambunan, Tulus. 2002. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia Beberapa Isu Penting, Jakarta: PT. Salemba Empat.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pasal 3

Usman, Rachmadi. Aspek-aspek Hukum Perbankan di Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001

UU. Republik Indonesia No.20 Tahun 2008, tentang UMKM

Downloads

Published

2022-07-03

Issue

Section

Articles