Prosedur Klaim Reimbursement Karyawan Pada PT. Federal International Finance (FIF group) Cabang Subang

Authors

  • Silvy Sondari Gadzali FIA Universitas SUbang
  • Ade Suparman Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Subang
  • Rani Rahmawati Administrasi Keuangan, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wfaj.vi.1659

Keywords:

Prosedur, Klaim, Reimbursement

Abstract

Abstrak

Tujuan penulisan untuk mengetahui (1) Jenis Klaim Reimbursement Karyawan Pada PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Cabang Subang. (2) Prosedur Klaim Reimbursement Karyawan Pada PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Cabang Subang. (3) Risiko Yang Terjadi Dalam Prosedur Klaim Reimbursement Karyawan Pada PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Cabang Subang.

Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif, sedangkan teknik yang digunakan dalam memperoleh data informasi yaitu dikumpulkan dengan metode pengumpulan data yang diantaranya observasi, wawancara dan studi pustaka.

  1. Federal International Finance (FIFGROUP) Cabang Subang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan pembiayaan sepeda motor honda, jasa layanan pembiayaan multiguna, jasa layanan pembiayaan bisnis dan modal kerja. PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Cabang Subang memiliki salah satu fasilitas yaitu reimbursement sebagai tunjangan bagi karyawan. Karyawan seringkali diharuskan membayar beberapa biaya karena perusahaan belum dapat membayarkannya secara langsung, perusahaan mengganti biaya yang sudah dikeluarkan atas klaim karyawan yang biasa disebut dengan reimbursement. Pada PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Cabang Subang terdapat permasalahan yang berhubungan dengan klaim reimbursement karyawan, yaitu terjadi penolakan klaim yang disebabkan oleh karyawan yang belum paham dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Cabang Subang.

Kata Kunci : Prosedur, Klaim, Reimbursement

 

Abstract

Research purposes the author intends to find out (1) Types of Employee Reimbursement Claims at PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Subang Branch. (2) Employee Reimbursement Claim Procedure at PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Subang Branch. (3) Risks that occur in the employee reimbursement claim procedure at PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Subang Branch.

The method used is the descriptive method, while the technique used in obtaining information data is collected by data collection methods whichinclude observation, interviews and literature studies.

  1. Federal International Finance (FIFGROUP) Subang Branch is a company engaged in honda motorcycle financing services, multipurpose financing services, business financing services and working capital. PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Subang Branch has one of the facilities, namely reimbursement as a benefit for employees. Employees are often required to pay some fees because the company has not been able to pay them directly, the company reimburses the costs already incurred for the usual employee claims called reimbursement. At PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Subang Branch there are problems related to employee reimbursement claims, namely the rejection of claims caused by employees who are not familiar with the Standards Operating Procedures (SOPs) that have been determined by PT. Federal International Finance (FIFGROUP) Subang Branch.

Keywords: Procedures, Claims, Reimbursement

 

 

Author Biographies

Ade Suparman, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Subang

 

 

Rani Rahmawati, Administrasi Keuangan, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

 

 

 

References

Anugerah, Vita Putri, dan Eka Satryawati. (2020). “Sistem Reimbursement Elektronik (e-Reimbursement) Pada PT Fan Integrasi Teknologi”. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer MH Thamrin.

Dewi, Octavia Cyntia. (2020). “Pembebanan Atas Reimbursement Jasa Kepelabuhan Oleh PT. PPJK Kepada Pemilik Di Surabaya". Laporan Tugas Akhir. Surabaya: Universitas Airlangga.

Fadil, Rizal dan Agiska Ria Supriyatna. (2019). “Aplikasi Pengajuan Reimbursement Berbasis Mobile Pada PT Sysware Indonesia”. Jurnal Karya Ilmiah Mahasiswa (Manajemen Informatika).

Himmah, Sofia Adi Matul. (2017). “Proses Pelayanan Medical Check Up (MCU) Tahun 2017 Di Unit Kesehatan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang”. Laporan Tugas Akhir. Semarang: Universitas Diponegoro

Izzah, Nidaul. (2016). “Analisis Prosedur BSM Gadai Emas Perspektif Se Bank Indonesia No. 14/7/DPbS Dan Fatwa DSN MUI No. 26/DSN-MUI/III/2002”. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi 8 (2): 150-161.

Kresnawati, Irma. (2013). “Faktor Internal dan Eksternal Terkait Proses Klaim Reimbursement PT. XYZ”. Jurnal. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju.

Kuswardana, Yosi dan Habibah Nurfauziah. (2019). “Sistem Informasi Medical Reimbursement Pada PT. Pangansari Utama Berbasis Web”. JurnalVISUALIKA.

Liandari, Mavi. (2021). “Prosedur Pencatatan Reimbursement Menggunakan System Application And Product In Data Processing (SAP) Pada PT Xerindo Teknologi”. Laporan Tugas Akhir. Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta.

Lutfi. (2017). “Reimbursement”. Jurnal Internasional Konsep Rs (Mprs).

Pasaribu, Siti Rahma. (2017). “Aanalisis Biaya Operasional Dan Pendapatan Dalam Meningkatkan Laba Bersih Pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Iskandar Muda”. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Purnomo, Gianita Ferisa Putri. (2021). “Prosedur Pengajuan Reimbursement Karyawan PT. Nexwave Indonesia”. Laporan Tugas Akhir. Jakarta: Politeknik Negeri Jakarta.

Raju, Amaliah Fahrani. (2019). “Tinjauan Sistem Pembayaran Klaim Biaya Pengobatan Karyawan PT Antam, Tbk Makassar”. Laporan Tugas Akhir. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sari, Miranti Nilam. (2017). “Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada PT FIF GROUP”. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Setiawan, Andi Tri. (2018). “Prosedur Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit”. Laporan Praktek Kerja Nyata. Jember: Universitas Jember.

Sukma, Fadina dan Hade Afriansyah. (2020). “Administrasi Keuangan”. Jurnal. Padang: Universitas Negeri Padang.

Tajudin, Ahmad. (2017). “Analisis Pengetahuan Sdm, Pengunaan Sistem Informasi Dan Kelengkapan Klaim Terhadap Penolakan Reimbursement Di PT Gesa Assistance Tahun 2016”. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol.16 No.3. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju.

Ulbert Silalahi, M.A. (1992). “Studi tentang Ilmu Administrasi”. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Widodo, Yohanes Bowo dan Aulia Anindya. (2021). “Pengembangan Aplikasi E-Reimbursement Karyawan Berbasis Android Pada PT Bringin Inti Teknologi”. Jurnal Teknlogi Informatika Dan Komputer MH. Thamrin Volume 7 No 2.

Wulansari, Adriana Diah. (2009). “Gambaran Keterlambatan Pembayaran Klaim Kesehatan Reimbursement PT. Asuransi Takaful Keluarga Periode Januari-Maret 2009”. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Articles