Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar Dalam Pemungutan Retribusi Pasar Pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang

Authors

  • Luki Natika FIA Universitas Subang
  • Iwan Henri Kusnadi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Sri Dinarwati Fakultas Ilm Administrasi Universitas Subang
  • Ade Suparman FakultasIlmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wfaj.v1i1.756

Keywords:

Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar Dalam Pemungutan Retribusi Pasar pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Subang.

Abstract

Retribusi pasar merupakan termasuk retribusi jasa umum yang dipungut dari pedagang atas penggunaan fasilitas pasar dan pemberian izin penempatan oleh Pemerintah Kabupaten Kota. Jadi retribusi pasar terdiri dari retribusi izin penempatan, retribusi kios, retribusi los, retribusi dasaran, dan retribusi tempat parkir. Retribusi pasar merupakan imbal jasa atas penyediaan sarana pasar oleh pemerintah, oleh karenanya retribusi pasar memiliki peran yang berarti terhadap fungsi pelayanan pemerintah kepada publik dan peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat. Berdasarakan penelitian, diperoleh hasil bahwa Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar Dalam Pemungutan Retribusi Pasar pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Subang secara umum belum optimal. Faktor-faktor yang menjadi hambatan Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar Dalam Pemungutan Retribusi Pasar pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Subang adalah sarana dan prasarana dan partisipasi pedagang.

 

Market levies constitute a general service levy collected from traders on the use of market facilities and granting placement permits by the Municipal Municipal Government. So the market levy consists of placement permit levies, kiosk retribution, retribution los, retribution, and parking levy. The market levy is a reward for the provision of market tools by the government, therefore market retribution has a significant role in the functioning of government services to the public and the improvement of the economic activities of the people. Based on the research, obtained the result that the Performance of Market Management in the Collection of Market Levies at the Department of Cooperatives, SMEs, Trade and Industry Subang Regency in general is not optimal. Factors that become obstacles of Market Management Performance in Market Levy Levy on Department of Cooperatives, SMEs, Trade and Industry Subang Regency is a means and infrastructure and the participation of traders.

Author Biographies

Iwan Henri Kusnadi, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

 

 

 

Sri Dinarwati, Fakultas Ilm Administrasi Universitas Subang

 

 

 

Ade Suparman, FakultasIlmu Administrasi Universitas Subang

 

 

 

References

Abdul Syani. 2012. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Bumi Aksara : Yogyakarta
Atmosudirjo, Prajudi. 1995. Kesekertariatan dan Administrasi Perkantoran. Galian Indonesia : Jakarta
Creswell, Jhon. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Dwiyanto, Agus. 2006. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Gajah Mada University press :Yogyakarta
Hetifah Sj, Sumarto. 2009. Partisipasi, Inovasi dan Good Governance. Salembe Empat : Jakarta
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP. AMP YKPN : Yogyakarta
Mahsun, Muhamad. 2009. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. BPFE : Yogyakarta
Mangkunegara. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. PT. Refika Aditama : Bandung
Mejia, Dkk. 2007. Managing Human Resource Edition. Pearson Education : New Jersey
Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Ghalia Indonesia: Bogor
Monday, and Noe. 1993. Human Resource Management. A Division At Simon and Schuster, Inc : USA
Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Alfabeta : Bandung
Ratminto dan Winarsih, 2004. Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar:Yogyakarta
Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Penerbit CV. Mandar Maju : Bandung
Siagian, Sondang. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara: Jakarta
Sobandi, Baban. 2006. Desentralisasi dan Tututan Penataan Kelembagaan Daerah. Humaniora : Bandung
Sutarto. 2006. Dasar-Dasar Organisasi. Gajah Media University Press : Yogyakarta
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Administrasi Kualitatif dan Kuantitatif R&D.ALFABETA : Bandung

Downloads

Published

2020-04-25

Issue

Section

Articles