Peranan Slik (Sistem Layanan Informasi Keuangan) Pada Pt. Bank Pembangunan Jawa Barat Dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jalancagak

Authors

  • Asep Sumarna Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Subang
  • Ade Suparman FIA Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wfaj.v1i2.761

Keywords:

Peran, SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan)

Abstract

Salah satu lembaga keuangan yang melayani masalah keuangan masyarakat yaitu PT. Bank Pembangunan Jawa Barat Dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jalancagak berdasarkan data yang di peroleh terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan PT. Bank Pembangunan Jawa Barat Dan Banten Kantor Cabang Pembantu Jalancagak yaitu menghimpun dana dan penyaluran kredit Peran bank dalam penyaluran kredit memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa merupakan usaha yang banyak   menghasilkan keuntungan atau return yang tinggi. Dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan atau yang biasa di sebut OJK selaku lembaga yang mempunyai peran mengawasi seluruh kegiatan lembaga keuangan yang ada di Indonesia meluncurkan sebuah sistem yang berbentuk aplikasi yang dinamakan dengan SLIK atau kepanjangan dari (Sistem Layanan Informasi Keuangan) yang diluncurkan dan digunakan secara meluas pada tanggal 1 januari 2018 untuk membantu pengawasan terhadap kreditur dan debitur dan dapat digunakan untuk bertukar informasi.

 

One of the financial institutions that serves the public financial problems, namely PT. West Java and Banten Development Bank Jalancagak Sub-Branch Office based on the data obtained there are several activities carried out by PT. West Java and Banten Development Bank Jalancagak Sub-Branch Office is to raise funds and credit distribution The role of banks in lending is indeed undeniable that it is a business that generates high profits or returns. In this case the Financial Services Authority or commonly called OJK as an institution that has the role of overseeing all activities of financial institutions in Indonesia launches a system in the form of an application called SLIK or stands for (Financial Information Service System) which is launched and used extends on January 1, 2018 to help supervise creditors and debtors and can be used to exchange information.

 

Author Biographies

Asep Sumarna, Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Subang

 

 

 

Ade Suparman, FIA Universitas Subang

 

 

 

 

References

Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan .Jakarta: PT. Raja Grafindo Perseda, 2014
Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2010.
silalahi Ulber, Studi tentang Ilmu Administrasi: Konsep, Teori dan Dimensi Bandung: Sinar Baru Algensindo 1989
F.L,Whitney.The Elements of Resert.Asian Eds. Osaka: .1960
Umar, Husein.. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Baru, Cetakan Keempat, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2004
Silalahi, Ulber. Asas-asas Manajemen. Bandung : Reflika Aditama 2011.
Dendawijaya, Lukman, Manajemen Perbankan, Jakarta. Ghalia Indonesia, 2009.
Siagian, Sondang, P. Organisasi dan Prilaku Organisasi. Jakarta: Mas Agung. 2007.
Budisantoso, Totok dan Sigit Triandaru. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Edisi 2: Jakarta.. Salemba Empat 2006
Gie,The Liang, Administrasi Perkantoran. Yogyakarta,,Modern Liberty 2009.
Mulyana Rahman dan Enceng,Administrasi Keuangan ed.:2 Tangerang Selatan:Universitas Terbuka,2015
Undang-Undang Republik Indonesia No.10 Tahun 1998 tentang perubahan Undang Undang No. 7 Tahun 1992 tentang perbankan
Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 50 /SEOJK.03/2017 Tentang Pelaporan Dan Permintaan Informasi Debitur Melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan
https://www.cermati.com/artikel/slik-ojk-layanan-pengganti-bi-checking-bagaimanakah-cara-ceknya
https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/Pages/Sistem-Layanan-Informasi-Keuangan-SLIK.aspx
www.bankbjb.co.id

Downloads

Published

2020-04-26

Issue

Section

Articles