Prosedur Pembukaan Rekening Tabungan Pada Pt.Bank Tabungan Pensiunan Nasional (Btpn) Kcp Subang

Authors

  • Iwan Henri Kusnadi
  • Lussy Ayu Lisnawati

DOI:

https://doi.org/10.37950/wfaj.v2i1.911

Keywords:

Prosedur Pembukaan Rekening

Abstract

Berdasarkan pengangkatan judul Prosedur Pembukaan Rekening Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) KCP Subang, maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut ; (1) Bagaimana prosedur pembukaan rekening. (2) Apa saja syarat-syarat pembukaan rekening. (3) Bagaimana cara menarik minat masyarakat untuk membuka rekening di Bank BTPN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Prosedur pembukaan rekening dilakukan oleh Calon nasabah datang ke kantor Bank BTPN terdekat dengan membawa kartu identitas diri KTP/SIM dan juga sejumlah uang tunai. ; Calon nasabah menuju customer service dan menyampaikan keperluannya untuk pembukaan rekening baru. ; Customer service memberitahukan informasi produk tersebut serta menjelaskan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah dalam pembukaan rekening baru. ; Setelah itu calon nasabah diberi lembar aplikasi pembukaan rekening. Kemudian calon nasabah diminta untuk mengisi formulir tersebut sesuai dengan identitas diri.; Setelah selesai mengisi formulir, customer service melakukan proses pengimputan data nasabah dan juga verifikasi data calon nasabah apakah sudah sesuai dengan identitas diri yang digunakan.; Nasabah diminta untuk menunggu beberapa menit untuk proses pembuatan buku rekening dan juga ATM.; Setelah itu pihak customer service memberitahukan kepada nasabah nomor rekening dan juga buku tabungan serta meminta nasabah untuk tanda tangan. ; Kemudian customer service menyerahkan pembukuan pada teller untuk memproses setoran awal nasabah,- ; Setelah selesai pembukuannya, pihak customer service menyerahkan buku tabungan serta memberitahukan setoran awal yang sudah masuk pada rekening nasabah dan juga penyerahan ATM atas rekening yang bersangkutan. ; Transaksi selesai. Manfaat yang dapat dirasakan oleh nasabah secara langsung maupun tidak langsung oleh nasabah meliputi ; bunga yang menguntungkan, Keringanan biaya karna tidak dipungut biaya admin maupun keringanan syarat dan ketentuan dalam pembuatannya, Kemudahan transfer dana, Mudah dalam pengambilan gaji pensiunan, Serta fasilitas pembayaran berbagai tagihan. Semua itu untuk kemudahan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi sesuai kebutuhannya. Sebelum melakukan pembukaan rekening tabungan calon nasabah harus melangkapi syarat-syarat dan ketentuan pada Bank BTPN.

 

Based on the appointment of the title of Account Opening Procedure At PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) KCP Subang, hence can be taken problem statement as follows; (1) How is the account opening procedure. (2) What are the account opening conditions. (3) How to attract people to open an account at Bank BTPN. The result of the research shows that, the account opening procedure is done by the prospective customer coming to the nearest Bank BTPN office by bringing ID card / driver's license and also some cash. ; Prospective customers go to customer service and submit the need for opening a new account. ; Customer service informs the product information and explains the terms and conditions that must be fulfilled by the customer in opening a new account. ; After that the prospective customer is given a sheet of account opening application. Then the prospective customer is required to fill the form in accordance with the identity of self; After completing the form, customer service perform the process of data pengimputan customers and also verification of prospective customer data whether it is in accordance with the identity of the self used; The Customer is required to wait several minutes for the account book-making process as well as the ATM; After that the customer service tells the customer account number and also the passbook and asks the customer for the signature. ; Then customer service submit bookkeeping to teller to process customer initial deposit, -; After completion of the bookkeeping, the customer service submit a passbook and notify the initial deposit that has been entered in the customer account and also the delivery of ATM on the account concerned. ; Transaction completed. Benefits that can be felt by customers directly or indirectly by customers include; lucrative interest, relief fees are not free of admin fees and relief terms and conditions in the making, Ease of funds transfer, Easy in taking salary pensioners, and facilities payment of various bills. All that for the convenience of customers in performing various transactions as needed. Before opening the account the prospective customer ,ust complete the terms and conditions on the Bank BTPN.

References

Abdurachman, A (1997:1) yang dikutip oleh Suyanto dalam buku “Kelembagaan Perbankan”

Azhor Arsad (2005:35) ”Pokok Manajemen”

Brigham, Eugene F. & Joel F. Houston. 2011.Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Damayanti. 2013. Pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan, peluang bertumbuh dan profitabilitas terhadap struktur modal (studi pada perusahaan farmasi yang tedaftar di Bursa efek Indonesia).Jurnal Perspektif Bisnis, Vol.1,No.1, Juni 2013, ISSN : 2338-5111.

Fahmi Irham. 2011, Analisa Laporan Keuangan,Bandung: Alfabeta.

Farah Margaretha. 2011, Manajemen Keuangan untuk Manajer Nonkeuangan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ferdiansya Muhammad Syahril dan Isnurhadi. 2013. “Faktor-Faktor yang mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya. Vol.11, No.2 Juni 2013.

Financial Accounting Standards Board (FASB) dalam Statement of Financial Concept (SFAC) No. 1.

Friska Firnanti. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2007-2009.

Hery. 2016.Analisis Laporan Keuangan.Jakarta: Grasindo.

Husnan.2000.Manajemen Keuangan Teori dan PenerapanKeputusan Jangka Panjang, Yogyakarta: BPFE.

Ida Bagus Made Dwija Bhawa, 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal perusahaan Farmasi yang terdaftar di BEI pada tahun 2009-2012.

Joni dan Lina. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 12(2), 81-96.

Kasmir (2001:25) “Manajemen Perbankan”

Kamus Besar Bahasa Indonesia ”administrasi”

Menurut undang-undang tentang bank Nomor 7 Tahun 1992 Pasal 1 butir 2

Menurut Undang-Undang RI nomor 10 tahun 1998 tentang perubahan

Mulyadi (2010:5) “Sistem Akuntansi”

M.Nafarin (2009:9) “Penganggaran Perusahaan”

Sindang P. Siagian (1997:3) “Filsafat Administrasi”

Sinungan (1997:3) “Uang dan Bank”

Soekarno K. (1986) Pengetahuan Dasar Administrasi Modern

Undang-Undang (1998 : 4) nomor 7 tahun 1992 tentang perbankan

Downloads

Published

2020-11-14

Issue

Section

Articles