Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Fiber Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang
DOI:
https://doi.org/10.37950/wpaj.v3i1.1079Keywords:
Service Quality, Purchasing DecisionAbstract
Abstrak
Annisa Nursiva Agustin, 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian IndiHome Fiber Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang”. Skripsi. Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Subang 2020. Dibawah bimbingan Dr. H. Iwan Henri Kusnadi, S.Sos., M.Si dan Dr. H. Ridwan, S.Sos., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 orang responden yang merupakan karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini menggunakan teknik instrument penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dengan metode Deskriptif dan Asosiatif pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian baik secara deskriptif maupun asosiaif. Dilihat dari hasil koefisien jalur atau factor loading dari variabel laten Kualitas Pelayanan terhadap variabel lain Keputusan Pembelian PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang sebesar 0,889 dengan nilai t-hitung sebesar 1.525.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Abstract
Annisa Nursiva Agustin, 2020. "The Effect of Service Quality on Purchasing Decisions of IndiHome Fiber at PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang ”. Essay. Department of Business Administration, Faculty of Administrative Sciences, Subang University 2020. Under the guidance of Dr. H. Iwan Henri Kusnadi, S.Sos., M.Si and Dr. H. Ridwan, S.Sos., M.Si. This study aims to determine the effect of Service Quality on Purchasing Decisions. This type of research is explanatory with a quantitative approach. The number of samples in this study amounted to 92 respondents who are employees of PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang. The technique used in this sampling is using research instrument techniques. The data analysis used is the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) with descriptive and associative methods. Data collection is done by distributing questionnaires that have been tested for validity and reliability. Based on the results of this study, it shows that Service Quality affects Purchase Decisions both descriptively and associatively. Judging from the results of the path coefficient or factor loading of the latent variable Service Quality to other variables Purchasing Decision PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang amounting to 0.889 with a t-count value of 1.525.
Keywords : Service Quality, Purchasing Decision
References
Anwar dan Satrio (2015) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.4. No.12.
Ari Kunto (2007:10) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.
Briliana (2010) Analisis Pengaruh Service Quality, Customer To Customer Interaction Dan Service Atmosphere Terhadap Satisfaction Firm. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.
Buchari Alma (2013:96) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Darmawan, (2012:17) “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Fandy Tjiptono (2001) Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.
Kotler, (1997:36) Kotler,Philip.1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.
Kotler, (2012) manajemen pemasaran , edisi 12.Jakarta : Erlangga.
Kotler dalam Tjiptono, (1996:147) Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Kotler (2002:83) Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.
Kotler & Armstrong (2016:177) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Armstrong (2006:188) Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12, Terjemahan: Bob Sabran, M.M, Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Amstrong (2016:176) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13, Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Lupiyoadi dan Hamdani (2011:182) Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.
Munir, (2009) Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Patmanthara, (2012) Pembelajaran Melalui Internet di Sekolah, Teknodik.
Parasuraman, (1998), SERVQUAL: a multiple item scale for Measuring consumer perceptions of service quality, Journal of Retaling.
Poerwanto (2006:25) Analisis Pengaruh Implementasi Relationship Marketing.
Saleh (2010:105) “ Manajemen Pelayanan “. Pustaka Pelajar, Jakarta.
Saleh (2010:106) “ Manajemen Pelayanan “. Pustaka Pelajar, Jakarta.
Sagala et al (2014) Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 Yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Sugiyono, (2013:96) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2011:77) Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2010:117) Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2016:62) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono (2012:133) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono (2018:225) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsmi Arikunto, (2010) Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono (2009:269) Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Yogyakarta : Andi Offset.
PT. Telekomunikasi Indonesia. https://telkom.co.id/sites
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Subang. https://idalamat.com/alamat/4613/pt-telekomunikasi-indonesia-telkom- area-ka