Kinerja Program Pembinaan Serikat Pekerja Di Bidang Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi

Authors

  • Silvy Sondari
  • Isniar Budiarti UNIKOM

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v4i2.1495

Keywords:

Performance, Protections, Workers

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai Pembinaan dan Perlindungan ketenagakerjaan di Kabupaten Subang.  Bidang Pembinaan dan Perlindungan Tenaga kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang memiliki tanggung jawab dalam pembinaan kerja para serikat kerja melalui peningkatkan komunikasi maupun mediasi dengan Perusahaan. Maraknya permasalahan upah tenaga kerja yang tidak sesuai dan perlakuan perusahaan terhadap para pegawai yang tidak sesuai membuat Dinas Ketenagakerjaan khusunya Bidang Pembinaan dan Perlindungan Tenaga kerja mengambil alih peranan sebagai katalisator komunikasi Antara perusahaan dan para pegawai yang menyampaikan aspirasi dan keluhan mengenai permasalahan ketenagakerjaan. Hasil Penelitian yang didapat bahwa Kinerja Bidang Pembinaan dan Perlindungan Tenaga kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang dinilai belum optimal dikarenakan  dimensi akuntanbilitas dan  dimensi responsivitas belum optimal dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya, namun dalam dimensi kualitas pelayanan peran para pegawai sudah optimal dalam pemberian layanan, selanjutnya dalam dimensi  produktivitas telah optimal hal ini terlihat dari sikap pegawai, kemampuan pegawai dan semangat pegawai yang tinggi serta dalam dimensi responsibilitas dapat dilihat dari pelaksanaan kegiatan organisasi sudah sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang ditetapkan.

 

Kata kunci: Kinerja, Perlindungan, Tenaga Kerja

 

 

Abstract

This research discusses the Development and Protection of Manpower in Subang Regency.  The Field of Manpower Development and Protection at the Manpower and Transmigration Office of Subang Regency has the responsibility of fostering the work of the unions through improving communication and mediation with the Company. The rampant problem of inappropriate labor wages and the company's treatment of inappropriate employees made the Manpower Office, especially the Field of Labor Development and Protection, take over the role of a catalyst for communication Between companies and employees who expressed aspirations and complaints about labor problems. The results of the research obtained that the Performance of the Field of Manpower Development and Protection at the Manpower and Transmigration Office of Subang Regency is considered not optimal because the dimensions of accountability and the dimension of responsiveness have not been optimal in the implementation of their duties and responsibilities, but in the dimension of service quality the role of employees is optimal in providing services, then in the dimension of productivity has been optimal this can be seen from the attitude of employees,  The ability of employees and high employee enthusiasm and in the dimension of responsibility can be seen from the implementation of organizational activities in accordance with established procedures and mechanisms.

 

Keywords: Performance, Protections, Workers

References

Dwiyanto, Agus. 1999. Penilaian Kinerja Organisasi Publik. Fisipol UGM. Yogyakarta

Gibson, Ivancevich, Donnely. Edisi keempat 1989. Organisasi Dan Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). PT. Gramedia Pustaka Utama.hukum Ketenaga Kerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi.Cetakan ke 1. Jakarta: Raja Grapindo Persada.Keduabelas. Jakarta: Salemba Empat

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Mahsun. Muhamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Mahsun. Muhamad. 2013. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Penerbit BPFE, Yogyakarta

Notoadnojo, soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rhineke Cipta.

Riani Syari.2016.Efektivitas Organisasi. Jurnal Administrasi Publik.12(4):14-18.

Robbins, Stephen; A. Judge Timothy. 2007. Perilaku Organisasi, Edisi

Sedarmayanti.1999. Restrukturasi Dan Pemberdayaan Organisasi. Bandung: Mandar maju

Sondang P. Siagian. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Sudarmanto, SIP, MSi. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwanto, M.Si. dan Priansa, Donni Joni. (2016). Manajemen SDM dalam organisasi public dan bisnis. Bandung; Alfabeta.

Thoha, Miftah. 1997. Pembinaan Organisasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Torang, syamsir. 2016. Organisasi dan Manajemen. Bandung: PT. Alfabeta

Wibowo, 2016, Edisi Kelima Manajemen Kinerja, Depok: PT. Rajadrafindo Persada

Wirawan. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia: Depok: PT. Rajadrafindo Persada

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles